Ingin Bernostalgia? Coba Kunjungi 5 Restoran Legendaris yang Sudah Ada Sebelum Kemerdekaan RI!

Jumat 16-08-2024,16:08 WIB
Reporter : Jukik
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Indonesia tidak hanya kaya akan budaya dan sejarah, tetapi juga memiliki beragam kuliner legendaris yang telah bertahan puluhan tahun. 

Beberapa restoran ini bahkan sudah berdiri sejak sebelum kemerdekaan Republik Indonesia, menjadi saksi bisu perjalanan sejarah bangsa. 

Berikut adalah lima restoran legendaris di berbagai daerah di Indonesia yang telah berdiri sebelum proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

1. Braga Permai (Bandung)

BACA JUGA:Kelezatan Kuliner Rejang: Hidangan Autentik Bengkulu yang Bikin Ngiler

Braga Permai, yang terletak di kawasan bersejarah Braga, Bandung, telah berdiri sejak 1918. 

Restoran ini awalnya dikenal dengan nama Maison Bogerijen dan menjadi tempat makan para pejabat kolonial Belanda.

Menyusuri restoran ini, pengunjung akan merasakan nuansa klasik yang autentik, karena beberapa bagian bangunannya masih asli sejak pertama kali dibangun.

Menu andalan di Braga Permai yang telah bertahan puluhan tahun termasuk Chicken Mushroom Creamy Soup, Oseng Kambing Nanas Pedas, Ayam Goreng Saus Mentega, dan Capcay Goreng. 

BACA JUGA:Ingin Mencoba Pindang Salai? Temukan Resep Menyajikan Kuliner Khas Sumsel yang Lezat!

Setiap hidangan disajikan dengan kualitas yang tetap terjaga, membuat tempat ini menjadi destinasi kuliner yang wajib dikunjungi saat berada di Bandung.

2. Sumber Hidangan (Bandung)

Masih di Bandung, ada Sumber Hidangan, toko roti yang telah berdiri sejak 1929. Dulu, toko ini dikenal dengan nama Het Snoephuis, yang berarti "Rumah Manis". 

Setelah Indonesia merdeka, nama toko ini berubah menjadi Sumber Hidangan, dan menjadi salah satu ikon kuliner Bandung yang tetap eksis hingga kini.

BACA JUGA:Wisata Kuliner Korea di Palembang: 7 Tempat Terbaik untuk Menikmati Hidangan Korea

Kategori :