Danrem Gapu Tinjau Daerah Rawan Karhutla di Jambi

Minggu 11-08-2024,23:07 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Bodok

PAGARALAMPOS.COM - Danrem 042/Garuda Putih Brigjen TNI Rachmad, S.I.P., yang juga menjabat sebagai Pelaksana Harian (Plh) Dansatgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Provinsi Jambi, melakukan peninjauan langsung ke beberapa daerah rawan Karhutla di wilayah Kodim 0415/Jambi dan Kodim 0419/Tanjung Jabung. Minggu (11/8/2024)

Dalam peninjauan tersebut, Brigjen TNI Rachmad didampingi oleh Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf Eddy Basuki dan beberapa PJU Korem 042/Gapu.

Kunjungan pertama dilakukan di Pondok Kerja Manggala Agni, Desa Pulau Mentaro, Kabupaten Muarojambi. Rombongan disambut oleh Kepala Koordinator Wilayah (Korwil) Jambi Manggala Agni, Bapak Rinaldi SP, MSi

Setelah itu, Danrem dan rombongan melanjutkan peninjauan ke Posko Brigade Pengendalian Karhutla (Brigdal Karhutla) Taman Nasional Berbak Sembilang (TNBS) di Desa Simpang, Kec. Berbak, Kab. Tanjab Timur. 

BACA JUGA:Danrem, Asops Kasdam IM, Serta Danbrigif 25, Melaksanakan Kunjungan Wasdalops ke Pos Satgas Yonif 116/GS

Di posko ini, Danrem melakukan pengecekan terhadap personel dan perlengkapan Satgas Karhutla serta menyerahkan bantuan sembako kepada prajurit TNI yang sedang bertugas.

Bantuan ini diberikan untuk memotivasi para prajurit dalam menjalankan tugas mereka sebagai bagian dari tim Satgas Karhutla.


Foto : Danrem Gapu cek kesiapan personel.--Kodam2sriwijaya_penerangan

Dalam kesempatan tersebut, Brigjen TNI Rachmad menekankan pentingnya kesiapsiagaan dan mitigasi terhadap ancaman Karhutla.

"Pencegahan adalah kunci. Kita harus memastikan bahwa seluruh personel dan perlengkapan dalam kondisi siap untuk menghadapi kemungkinan terjadinya Karhutla di wilayah ini," ujarnya.

Danrem juga menerima paparan dari Daops Manggala Agni Sumatra IX, yang juga menjabat sebagai Kepala Korwil Jambi, Bapak Rinaldi SP., MSi. 

BACA JUGA:Perkuat Ketahanan Pangan, Danrem 045/Gaya Bersama Forkopimda Tanam Cabai Serentak

Dalam paparan tersebut, disampaikan situasi terkini terkait Karhutla di Provinsi Jambi, termasuk sumber daya personel dan materiil yang dimiliki untuk menangani kebakaran hutan dan lahan.

Brigjen TNI Rachmad berharap, dengan kesiapsiagaan yang maksimal, ancaman Karhutla dapat diminimalisir dan dampak yang ditimbulkan bisa diatasi dengan cepat dan efektif.

Pada kegiatan ini Danrem 042/Gapu didampingi oleh Kasrem 042/Gapu, Kasiintel  dan Kasiops Kasrem 042/Gapu, Kalaksa BPBD Kab. Muara Jambi.

Kategori :