4 Suku Misterius di Pulau Sumatera

Kamis 01-08-2024,22:54 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Bodok

PAGARALAMPOS.COM - Indonesia mempunyai suku dan budaya yang beragam, dan banyak suku yang bisa dibanggakan oleh Indonesia.

Namun seiring berjalannya waktu, beberapa suku di pedalaman menjadi terisolasi dari dunia luar dan mulai punah karena tidak mau mengikuti perkembangan kehidupan modern saat ini.

Kali ini kami akan menjelaskan lima suku misterius di Sumatera yang masih bertahan meski mengalami perubahan modern. Dengarkan dan perhatikan.

1. Suku Gugu

Suku asli Sumatera Barat ini sebenarnya merupakan salah satu suku yang bertubuh pendek dan dikenal dengan sebutan "Si Bigau". Di Jambi disebut juga dengan “Uhan Pandak” yang merupakan dialek Orang Kecil.

BACA JUGA:Menjelajahi Goa Tewet, Menyimpan Sejarah Leluhur Suku di Kalimantan

Menurut cerita rakyat Jambi, suku ini ramah dan tidak menimbulkan masalah pada siapapun. Panjangnya 90 sentimeter dan makanan utamanya adalah hewan kecil.

Peneliti Kleinvolk asal Inggris Debbie Martyr pun berhasil membuktikan keberadaan suku Kleinvolk dan membuat status mereka menjadi fenomena internasional.

2. Suku Kubu

Suku yang dikenal dengan nama Anak Dalam atau disebut juga Orang Rimba ini tinggal di provinsi antara Jambi dan Sumatera Selatan, dan saat ini berpenduduk 200.000 jiwa Masu.

Menurut tradisi, masyarakat Anak Dalam sering mengunjungi kawasan hutan di sekitar Balai Taman Nasional Bukit Duabelas. Mereka akhirnya diberi nama "Moyang Segayo".

BACA JUGA:Mengenal Sejarah dan Budaya Suku Kubu di Pedalaman Sumatera

Ada yang mengatakan mereka berasal dari Pagalyun yang mengungsi ke Jambi, namun anggapan ini semakin diperkuat dengan fakta bahwa orang Anak berbicara dalam bahasa Minangkabau di Sumatera Barat.

3. Suku Mante/Mantil


Foto : Suku Mante-4 Suku Misterius di Pulau Sumatera-Google.com

Kategori :