PAGARALAMPOS.COM - Pada dunia otomotif, akselerasi adalah salah satu indikator performa yang paling banyak dibahas.
Baru-baru ini, dua varian Yamaha NMAX, yaitu NMAX Neo dan NMAX 'TURBO', telah diuji untuk mengetahui mana yang lebih cepat dalam akselerasi.
Meskipun keduanya memiliki desain serupa, perbedaan utama terletak pada teknologi transmisi yang digunakan.
NMAX Neo mengandalkan CVT konvensional, sedangkan NMAX 'TURBO' dibekali dengan teknologi canggih, Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT).
BACA JUGA:Pengawasan Ketat Coklit Pilkada Pagaralam, Bawaslu Terjunkan PKD dan Lakukan Sidak ke Lapangan
Teknologi di Balik Layar
Yamaha NMAX Neo menggunakan CVT tradisional, yang umumnya ditemukan pada motor matic lainnya.
CVT ini mengandalkan belt dan pulley untuk mengatur rasio gear secara otomatis, memberikan performa yang cukup baik dalam kondisi standar.
Di sisi lain, Yamaha NMAX 'TURBO' membawa inovasi dengan YECVT, sebuah sistem transmisi yang mengatur gerakan pulley depan secara elektrik.
BACA JUGA:Kenang Jasa Pendahulu, Dekatkan Diri dengan Masyarakat, Hepy dan Efsi Gelar Silaturahmi di Pagaralam
Fitur ini memungkinkan pengendara untuk memilih mode riding dan mengaktifkan Y-Shift, yang menawarkan kontrol lebih presisi atas akselerasi motor.
Hasil Uji Akselerasi
Untuk menguji performa akselerasi kedua motor ini, tim Gridoto melakukan tes di sirkuit International Sentul, Bogor, Jawa Barat.
Tes akselerasi dilakukan dengan kedua motor dipacu oleh tester yang sama, menggunakan Racebox untuk mengukur kecepatan.