Buka Rakernis Gabungan Bidang, Kapolda Tekankan Penanggulangan Karhutla di Sumsel

Rabu 17-07-2024,22:51 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Bodok

PALEMBANG, PAGARALAMPOS.COM - Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo menggelar rapat kerja teknis (rakernis) beberapa bidang pada Rabu (17/7/2024) di Aula Lantai 7 Mapolda Sumsel resmi digelar.

Dalam arahannya, Kapolda Irjen A. Rachmad Wibowo menekankan pentingnya mengantisipasi datangnya musim kemarau dan kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Kathutla).

"Sebagai pengingat, musim panas sudah dimulai.''Menurut informasi dari Direktur BMKG Sumsel, saat ini kita sedang memasuki musim kemarau, namun hujan masih turun,'' ujarnya.

Meski demikian, Rashmad mengingatkan, kebakaran dan titik api saat ini masih terjadi di beberapa lokasi, termasuk di kawasan Organ Ilir.

BACA JUGA:Polres Pagar Alam Gelar Rakor Karhutla Lintas Sektoral untuk Antisipasi Musim Kemarau

“Kemarin malam saya mendapat laporan dari Kapolres Ogun Ilir adanya kebakaran hutan seluas 10 hektar di Desa Lorok Indralaya. Beliau terlibat langsung dalam operasi pemadaman dan berhasil memadamkan api meski banyak kendala

Kapolda Sumsel menjelaskan, personel di lokasi kejadian menjalankan tugasnya secara profesional.


Foto : Kapolda Sumsel saat Rakernis di Mapolda Sumsel.-Buka Rakernis Gabungan Bidang, Kapolda Tekankan Penanggulangan Karhutla di Sumsel-Humas Polda Sumsel

"Kami mengemban amanah sesuai Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan” Bupati dan walikota. “Polri dan TNI wajib mendukung Kepala BPBD dalam penanggulangan bencana dengan mengerahkan pasukan untuk memadamkan kebakaran hutan dan daerah,” jelasnya.

“Selain itu, patroli daerah harus diperkuat secara bersama dan terpadu untuk ikut serta dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan daerah, serta mendorong pembangunan daerah,” tambahnya.

BACA JUGA:Polsek Dempo Tengah Intensifkan Patroli untuk Cegah Kejahatan di Pagaralam

Kapolres setempat mengatakan, sudah menjadi tugas polisi juga untuk memulai dan melaksanakan tindakan penegakan hukum secara efektif terhadap kegiatan ilegal terkait kebakaran lahan dan hutan.

“Semua departemen kerja harus berperan aktif sesuai bidang tanggung jawabnya.” “Pelatih dari Mangala Agni, Sumsel akan melakukan pelatihan penanganan kebakaran dan kebakaran lahan,” ujarnya.

Pembukaan rakernis yang diikuti perwakilan satker, pengemban fungsi PPID Satker, Kasat Opsnal polres jajaran, Kasi Humas polres, Kasi Propam polres, Kasi Kum polres, Kasi Dokkes polres, Kanit Provoost dari Sat Brimob, Satpolairud dan SPN.

Serta para Kapolsek jajaran Polrestabes Palembang tersebut turut dihadiri Wakapolda dan para pejabat utama Polda Sumsel. (*)

Kategori :