Pj Gubernur Elen Setiadi Paparkan Program Unggulan di Hadapan Komisi VIII DPR RI Saat Reses di Palembang

Senin 15-07-2024,23:06 WIB
Reporter : Edi
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi menyambut kedatangan pimpinan dan anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dalam kunjungan reses di Griya Agung, Senin (15/7/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan pengawasan terhadap program keagamaan, penyaluran bantuan sosial, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta kesiapsiagaan bencana. Dalam kesempatan tersebut, Elen Setiadi memaparkan berbagai program unggulan yang telah dijalankan oleh Pemerintah Provinsi Sumsel, seperti penurunan inflasi, penurunan kemiskinan, penanganan keterlantaran, keterpencilan, dan kebencanaan.

Semua permasalahan ini, menurut Elen, telah ditangani secara terencana, terpadu, dan berkesinambungan oleh berbagai sektor terkait.

BACA JUGA:Transparansi Anggaran, Paripurna IV DPRD Pagaralam Bahas KUA dan PPAS 2025

“Terlintas pada rilis BPS tanggal 1 Juli 2024, jumlah penduduk miskin di Provinsi Sumsel pada Maret 2023 berjumlah 1.100.083 orang (11,78%), dan mengalami penurunan menjadi 984.024 orang (10,97%) pada Maret 2024 dari total penduduk Sumsel sebanyak 8,8 juta jiwa,” jelas Elen. Dalam hal penanganan bencana, Elen mengungkapkan bahwa wilayah Provinsi Sumsel sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca.

Pada musim hujan, potensi bencana seperti banjir, tanah longsor, dan banjir bandang menjadi ancaman utama, sementara pada musim kemarau, ancaman kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan menjadi perhatian serius. Terkait penyelenggaraan ibadah haji, Elen menjelaskan bahwa tahun ini embarkasi/debarkasi Palembang memberangkatkan 8.467 jemaah haji, dengan rincian 7.263 jemaah asal Sumatera Selatan, 1.109 jemaah asal Bangka Belitung, dan 95 petugas kloter.

BACA JUGA:Pj Wako Pimpin Persiapan untuk Kunjungan Penilaian Desa Wisata di Kota Pagaralam

Elen juga memaparkan mengenai Indeks Pembangunan Gender (IPG) yang menjadi indikator perbandingan capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) antara perempuan dan laki-laki yang diukur dari tiga komponen utama: kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. IPG Sumsel tahun 2023 tercatat sebesar 93,19, di atas angka nasional sebesar 91,85, menempatkan Sumsel di peringkat 9 nasional. Lebih lanjut, Elen menyampaikan bahwa Provinsi Sumsel pada tahun 2023 meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE), sebuah penghargaan dari Presiden sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran serta dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang pembangunan.

Tahun ini, Sumsel berhasil meningkatkan kategori penghargaan dari pratama pada tahun 2022 menjadi madya. Ketua Tim Kunjungan sekaligus Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, H. Marwan Dasopang, menyatakan bahwa kunjungan ini sangat strategis karena menjadi kunjungan terakhir bagi Komisi VIII DPR RI sebelum pelantikan kembali pada 1 Oktober nanti.

BACA JUGA:Gelar Apel Gabungan Ops Patuh Musi 2024, Meningkatkan Kesadaran Berlalu Lintas untuk Keselamatan Bersama

“Kunjungan kali ini sangat strategis untuk masa depan. Kami akan menyampaikan berbagai hal yang dihadapi dan tantangan yang ada. Reses ini memastikan program berjalan dan pengawasan dilakukan. Berbagai hal akan dibicarakan terkait dengan keputusan di komisi masing-masing, terutama dalam hal penanganan masyarakat miskin,” jelas Marwan. Dengan paparan ini, diharapkan kunjungan kerja Komisi VIII DPR RI dapat memberikan kontribusi positif dan dukungan dalam upaya Pemerintah Provinsi Sumsel untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat, penanggulangan bencana, pemberdayaan perempuan, dan kesetaraan gender di berbagai bidang pembangunan. * 

Kategori :