Tingkatkan Sektor Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat, Pemkot Pagaralam Susun Prodeskel Tahun 2024

Sabtu 13-07-2024,17:41 WIB
Reporter : Edi
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kota Pagar Alam, Dahnial Nasution, secara resmi membuka kegiatan pelatihan penyusunan profil desa dan kelurahan (Prodeskel) tahun 2024 di ruang rapat Besemah Due Setdako Pagar Alam.

Pelatihan ini menjadi langkah penting dalam upaya meningkatkan sektor pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa dan kelurahan setempat.

Dalam sambutannya, Dahnial Nasution menegaskan pentingnya kegiatan ini untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh mengenai potensi yang ada di setiap desa dan kelurahan.

“Data yang valid dan akuntabel merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan pembangunan, baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah. Namun, perhatian terhadap penyusunan data yang akurat, khususnya database pada tingkat desa/kelurahan, masih belum optimal,” ungkap Dahnial.

BACA JUGA:Libatkan Penggiat Kopi Pagaralam Catat Rekor MURI, Minum Kopi di Pinggir Sungai Serentak di Sumsel

Pentingnya Data yang Valid dan Akuntabel

Menurut Dahnial, data yang akurat sangat penting sebagai dasar perencanaan pembangunan.

Data ini tidak hanya akan membantu dalam merumuskan kebijakan-kebijakan yang tepat, tetapi juga akan menjadi acuan dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada di masyarakat. 

Pelatihan penyusunan Prodeskel dan Epdeskel ini bertujuan untuk meningkatkan peran desa dalam pelaksanaan pembangunan di Indonesia.

BACA JUGA:FKM Venture 180: Rival Baru Honda ADV 160 dengan Mesin Lebih Besar

Dengan penerapan Prodeskel, potensi yang ada di desa dan kelurahan dapat dijadikan tolak ukur pembangunan dan kesejahteraan wilayah.

Hal ini diharapkan dapat membawa perubahan positif menuju arah yang lebih baik.

Memunculkan Pemikiran dan Ide Baru

Dahnial Nasution berharap, melalui pelatihan ini, peserta dapat memperoleh kemampuan untuk menyusun data yang akurat dan akuntabel.

BACA JUGA:Mengenal Fitur Canggih Y-Shift di Yamaha NMAX Turbo, Begini Cara Pakainya!

Kategori :