Memahami Pentingnya Tanda Kuning pada Ban Motor Baru, Ternyata Ini Fungsinya!

Sabtu 13-07-2024,11:57 WIB
Reporter : Jukik
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Saat membeli ban baru untuk motor atau mobil, penting untuk memperhatikan tanda kuning yang terdapat pada dinding ban. 

Tanda kuning ini tidak boleh diabaikan karena memiliki fungsi penting terkait dengan keseimbangan ban. 

Seperti yang diketahui, warna kuning sering kali diidentikkan dengan peringatan atau perhatian, seperti pada lampu lalu lintas. 

Begitu pula dengan bulatan kuning pada ban motor yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan dan mekanik yang memasang ban tersebut.

BACA JUGA:Motor Diesel Kawasaki M1030M1, Solusi Efisien untuk Kebutuhan Militer dan Massal

Fungsi Tanda Kuning pada Ban

Bulatan kuning pada dinding ban motor bukanlah hiasan atau sekadar cat.

Menurut Heru Setiawan, pemilik toko ban Makmur di Pamulang, Tangerang Selatan, tanda ini memiliki fungsi penting pada saat pemasangan ban. 

"Tanda titik kuning itu menunjukkan bagian paling ringan, sebaiknya dipasang sejajar dengan posisi valve atau pentil di ban motor," jelas Heru dilansir dari Otomotifnet. 

BACA JUGA:Petualangan Tak Terbatas dengan Suzuki DR-Z400S dan DR-Z400SM! Motor Pilihan Terbaik untuk Pengembaraan Seru

Adanya tanda bulatan kuning ini bertujuan untuk memudahkan dan memaksimalkan keseimbangan ban saat pemasangan di pelek motor. 

Ketika bagian ban yang paling ringan dipasang sejajar dengan valve yang merupakan bagian terberat dari roda, keseimbangan ban akan lebih optimal. 

Heru menambahkan, "Karena bagian roda yang terdapat pentil ban adalah titik paling berat, idealnya dipasang sejajar dengan titik paling ringan pada ban."

Mengapa Penting Memperhatikan Tanda Kuning

BACA JUGA:RCX! Mengungguli Motor Bebek Lain dengan Performa dan Teknologi Terdepan, Ini Keunggulannya!

Kategori :