Mengapa Toyota Innova Reborn Tetap Favorit di Pasar Meskipun Hadirnya Innova Zenix?, Ini Penjelasan Toyota!

Minggu 14-07-2024,23:22 WIB
Reporter : Edi
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) baru-baru ini mengungkap alasan di balik keberlanjutan produksi dua model Innova, yakni generasi kelima yang dikenal sebagai Innova Reborn dan generasi keenam, Innova Zenix.

Meskipun telah hadir model baru yang lebih canggih, permintaan terhadap Innova Reborn masih tinggi.

Wakil Presiden Direktur TMMIN, Bob Azam, menjelaskan bahwa tingginya penjualan Innova Reborn terutama didorong oleh permintaan dari segmen bisnis atau fleet, yang saat ini tengah mengalami pertumbuhan, termasuk dari sektor pariwisata.

"Yang Reborn ini kan fleet. Memang fleet ini lagi tumbuh karena mungkin tumbuhnya pariwisata dan sebagainya," kata Bob di Jakarta, Selasa (9/7).

BACA JUGA: Alasan di Balik Murahnya Harga Mobil Bekas Taksi, Pilihan Ekonomis di Tengah Tingginya Harga Mobil

Menurut Bob, Innova Reborn sering digunakan oleh perusahaan pariwisata untuk mengangkut tamu, menunjukkan bahwa kendaraan ini masih memiliki peran penting dalam industri tersebut.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Mei 2024 mengkonfirmasi hal ini, dengan Innova menempati posisi kedua dalam daftar mobil terlaris di data wholesales.

Pada bulan tersebut, total penjualan Innova mencapai 5.381 unit, naik 2.576 unit dibandingkan April.

Dari 14 varian Kijang Innova yang tercatat di Gaikindo, komposisi pengiriman Innova Reborn, baik bensin maupun diesel, masih mendominasi dibandingkan dengan Innova Zenix.

BACA JUGA:Menguji Yamaha Nmax Turbo untuk Pemakaian Harian, Konsumsi BBM Tembus 40 Kpl

Total penjualan Innova Reborn mencapai 3.024 unit atau sekitar 56 persen dari total penjualan akumulatif Innova pada Mei.

Bahkan pada April, dari total 2.805 unit penjualan Kijang Innova, sebanyak 1.666 unit merupakan Innova Reborn.

Varian yang paling banyak diminati adalah Kijang Innova G AT diesel dengan total pengiriman 1.635 unit.

Toyota terus mempertahankan dua mesin pada Innova Reborn, yaitu 1TR-FE 2.000 cc dan 2GD-FTV 2.400 cc, yang menunjukkan komitmen mereka untuk memenuhi permintaan pasar akan model ini.

BACA JUGA:Fenomena Kijang Innova, Dominasi Tak Terbantahkan di Pasar Mobil Bekas

Kategori :