Indo-Russian Rifles Private Produksi Senapan Serbu Kalashnikov AK-203

Sabtu 06-07-2024,22:24 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Produksi secara lisensi senapan serbu Kalashnikov AK-203 mengemuka dalam kerja sama antara India dan Rusia. Setelah jalur produksinya dimulai pada Januaru 2023,

Indo-Russian Rifles Private Limited, yang merupakan peruhaan joint venture antara India dan Rusia, dikabarkan telah mengirimkan tahap pertama dari program pengadaan 35.000 pucuk AK-203 untuk Angkatan Darat India.

Indo-Rusia Rifles Private Limited, terdaftar dan berlokasi di India, serta didirikan oleh Rosoboronexport dan Kalashnikov Concern (keduanya merupakan anak perusahaan Rostec State Corporation).

Senapan serbu Kalashnikov AK-203 adalah versi senapan AK-200 yang dilengkapi dengan kartrid 7,62x39mm yang digunakan di Angkatan Darat India.

BACA JUGA:Norinco QBZ-192, Senapan Serbu Infanteri Mekanis Terbaru Angkatan Darat Cina

Senjata ini memiliki keunggulan tradisional khas senapan serbu Kalashnikov, yakni keandalan dan kemudahan perawatan.

“Saat ini India adalah pelanggan asing pertama yang memproduksi senapan serbu Kalashnikov seri “dua ratus”. Produksi telah dikerahkan di India sepenuhnya dengan mematuhi program Make in India dan Atmanirbhar Bharat Abhiyaan (India Mandiri).

Proyek ini mencakup transfer teknologi, dan konsepnya mencakup 100% lokalisasi produksi AK-203,” kata Sergey Chemezov, Direktur Jenderal Rostec.

AK-203 diproduksi di India sesuai dengan teknologi eksklusif Rusia pada peralatan bersertifikat. Hal ini memastikan kualitas produk yang tinggi dan kesesuaian dengan karakteristik yang dinyatakan.

Indo-Rusia Rifles Private Limited telah menyelesaikan tahap pertama proyek untuk memproduksi senapan serbu AK-203 Kalashnikov di India.

BACA JUGA:Inggris Berencana Ganti Senapan Serbu SA80 Dengan KS1, Begini Spesifikasinya

Untuk meningkatkan tingkat lokalisasi, semua peralatan yang diperlukan telah dikirim ke Pabrik Senjata Korwa di Amethi, negara bagian Uttar Pradesh, dan fasilitas produksi sekarang telah lengkap sepenuhnya.

“Hal ini memungkinkan pabrik untuk memproduksi dan mengirimkan 35.000 senapan serbu Kalashnikov ke Angkatan Darat India dalam jangka waktu yang disepakati oleh Kementerian Persenjataan. Pertahanan India,” kata Alexander Mikheev, Direktur Jenderal Rosoboronexport.

Kalashnikov AK-203 dengan bobot 3,8 kg mengadopsi desain popor lipat (folding stock).

Selain itu, sejumlah solusi ergonomis lainnya telah dimasukkan ke dalamnya untuk mengoptimalkan pengoperasian.

Kategori :