Mengulik Deretan Khasiat Tersembunyi dari Rebung yang Masih Jarang Diketahui

Senin 03-06-2024,03:56 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Rebung, yang juga dikenal sebagai tunas bambu muda, semakin populer di daerah pedesaan karena kelezatan, tekstur renyah, dan aroma khasnya.

Selain menjadi bahan utama dalam berbagai hidangan seperti sayur, lodeh, megono, lumpia, dan lainnya, rebung sering kali dijadikan alternatif ketika buah nangka sulit didapat atau mahal.

Rebung tidak hanya enak, tetapi juga kaya nutrisi. Sebagai contoh, satu cangkir rebung matang (sekitar 155 gram) mengandung sekitar 64 kalori, 2,5 gram protein, 4,5 gram lemak, 5 gram karbohidrat, dan 2 gram serat.

Selain itu, rebung juga mengandung berbagai mineral dan vitamin seperti tembaga, vitamin B6, riboflavin, vitamin K, vitamin E, tiamin, fosfor, kalium, dan besi.

BACA JUGA:Kamu Wajib Tau! Inilah Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh Saat Sedang Travelling

BACA JUGA:Mengenal Peran Penting Buah Kurma yang Ternyata Kaya Akan Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Konsumsi rebung juga dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung karena kandungan fitosterolnya.

Rebung juga membantu meningkatkan pencernaan berkat kandungan seratnya yang melindungi tubuh dari masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan peradangan.

Selain itu, serat tinggi dalam rebung juga membantu dalam penurunan berat badan dengan membuat perut terasa kenyang lebih lama dan membantu pembakaran lemak dan kalori dalam tubuh.

Rebung juga berperan sebagai prebiotik dengan memberi makan bakteri baik di usus, yang mendukung keseimbangan mikroflora usus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:5 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh Saat Liburan

BACA JUGA:Jangan Tunggu Sakit! Begini Tips Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh di Saat Musim Hujan

Manfaat lainnya termasuk meningkatkan nafsu makan, daya tahan tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi, serta membantu mempertahankan kepadatan dan kekuatan tulang untuk mencegah osteoporosis dan pengeroposan tulang.

Rebung juga baik untuk kesehatan kulit berkat kandungan silika dan vitamin E di dalamnya, sementara fitosterolnya dapat membantu mencegah kanker dengan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, serat dalam rebung membantu mengontrol kadar gula darah dengan menstabilkan glukosa dalam darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Kategori :