Berhasil Ditemukan! Inilah 2 Situs Peninggalan Majapahit yang Ditemukan Satu Kompleks

Senin 20-05-2024,11:58 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

PAGARLAMPOS.COM - Ekskavasi tahap 6 Situs Bhre Kahuripan di Desa Klinterejo, Sooko, Mojokerto digelar untuk mencari tata ruang kompleks permukiman elit dan bangunan suci zaman Majapahit. Di hari keempat penggalian, arkeolog menemukan struktur pagar kuno yang unik karena tersusun dari campuran bata merah dan putih.

Ketua Tim Ekskavasi Situs Bhre Kahuripan dari Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XI Jatim, Muhammad Ichwan mengatakan ekskavasi tahap 6 ini untuk menggali lahan seluas 217,5 kotak gali atau 870 meter persegi. Penggalian arkeologi selama 1 bulan, 17 Juli-16 Agustus melibatkan 30 pekerja.

Kali ini, ekskavasi difokuskan di 3 titik yang semuanya melanjutkan pekerjaan tahun lalu. Titik pertama di bagian barat lapangan sepakbola Klinterejo sampai kebun tebu di selatannya. Di titik ini, ekskavasi ditargetkan menemukan pagar kedua yang membentang dari utara ke selatan.

Situs Klinterejo dan Bhre Kahuripan merupakan situs peninggalan Kerajaan Majapahit yang berhasil ditemukan BPK Jawa Timur di Mojokerto.

BACA JUGA:Sosok Firaun Menkaure dalam Sejarah Mesir Kuno

BACA JUGA:Eksplorasi Kebudayaan dan Sejarah Kesultanan Deli di Sumatera Utara

Kedua situs peninggalan Kerajaan Majapahit ini berlokasi tepatnya di Desa Klinterejo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto.

Proses pengembangan penelitian situs peninggalan Majapahit ini terus dilakukan oleh tim BPK Jawa Timur, yakni tahap ekskavasi tahap ke-6 yang dilaksanakan tanggal 17 Juli 2023 - 16 Agustus 2023.

Tahap Ekskavasi tahap ke-6 ini menghasilkan penemuan kompleks situs yang diduga merupakan satu kesatuan dengan situs Klinterejo dan Bhre Kahuripan.

Struktur situs ini ditemukan tepat di sebelah barat Situs Bhre Kahuripan yakni di lapangan Klinterejo yang dilakukan penggalian dan ekskavasi oleh tim BPK Jawa Timur.

BACA JUGA:Mengenal Peradaban Zaman Megalitikum, Jejak Prasejarah yang Menyimpan Warisan Budaya

BACA JUGA:Zubair Bin Awwam: Teladan Keberanian dan Kesetiaan dalam Sejarah Islam

Hasil dari proses ekskavasi lanjutan ini menemukan pada bagian barat lapangan Klinterejo ditemukan sebuah struktur menyerupai pagar memanjang dari arah utara ke selatan.

Namun, setelah dilakukan inventarisasi, galian ini ditimbun kembali oleh tim BPK Jawa Timur untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berdasarkan temuan ini tim BPK Jawa Timur kembali melakukan penggalian di beberapa area lapangan ini yang menghasilkan beberapa temuan.

Kategori :