BRI dan KDEI Taipei Saling Menjadi Mitra Strategis dalam Pelayanan WNI dan Investasi

Kamis 23-05-2024,13:05 WIB
Reporter : Bodok
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Taiwan terus mempertahankan reputasinya sebagai destinasi yang ramah bagi Warga Negara Indonesia (WNI) untuk bekerja, belajar, dan berbisnis. 

Dengan perkiraan lebih dari 350,000 WNI yang tinggal di Taiwan hingga Maret 2024, perlindungan dan pelayanan terhadap hak kewarganegaraan mereka menjadi prioritas yang tak terbantahkan.

Sebagai respons terhadap kebutuhan tersebut, Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei (KDEI Taipei) memainkan peran kunci dalam memberikan layanan konsuler dan imigrasi kepada WNI. 

Dari legalisasi dokumen hingga pelayanan passport, KDEI Taipei telah menjadi garda terdepan dalam memastikan bahwa hak-hak WNI di Taiwan terlindungi sesuai dengan Undang-Undang.

BACA JUGA:Eks Dirut Taspen Kosasih Jadi Tersangka dalam Dugaan Korupsi Investasi Fiktif, Segini Harta Kekayaannya!

Namun, upaya untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan terus berkembang. 

Baru-baru ini, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) telah menandatangani Perjanjian Kerjasama Layanan Pelimpahan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dengan KDEI Taipei. 

Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa pendapatan yang diperoleh dari layanan konsuler dan imigrasi dapat disetorkan langsung ke Kas Negara Republik Indonesia.

Direktur Wholesale & Institutional Banking BRI, Agus Noorsanto, menjelaskan pentingnya kerjasama ini, "BRI sebagai Bank BUMN memiliki kewajiban untuk memberikan layanan dan dukungan kepada KDEI Taipei dalam pelayanan kepada WNI di Taiwan." 

BACA JUGA:Robert Kiyosaki Memperingatkan Penurunan Nilai Dolar AS, Mendorong Investor untuk Mengeksplorasi Investasi

Dengan demikian, melalui integrasi teknologi dan sistem keuangan, BRI Taipei Branch akan mengamankan proses pelimpahan PNBP secara real-time kepada Kas Negara.

BRI Taipei Branch, yang merupakan unit kerja luar negeri keenam BRI setelah di New York, Kepulauan Cayman, Hong Kong, Singapura, dan Timor Leste, bukan hanya melihat layanan kepada WNI sebagai fokus utama. 

Melainkan, bank ini juga memandang Taiwan sebagai pangkalan strategis untuk memperluas bisnisnya di kawasan Asia Timur.

Dengan lisensi operasional sebagai Full Retail Foreign Bank Branch Office di Taiwan, BRI Taipei Branch dapat memberikan layanan menyeluruh, mulai dari simpanan hingga treasury, kepada nasabah di Taiwan. 

BACA JUGA:Alternatif Investasi: 5 Altcoin Potensial Selain XRP di Tren Bull Run Mendatang

Kategori :