Tunjang 3 Komponen Penting Berkendara. Rantai Motor Listrik Beralih ke V-Belt. Ini Kelebihannya

Sabtu 30-03-2024,21:01 WIB
Reporter : Devi
Editor : Almi

Ia juga menambahkan bahwa penggunaan rantai pada motor listrik terbaru semakin jarang, karena komponen ini dianggap sudah ketinggalan zaman.

BACA JUGA:Berlibur ke Lubuk Linggau Belum Afdol Kalo Belum Berkunjung ke 5 Destinasi Wisata Hits Ini!

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat, Sifat dan Karakter Pandawa Lima dalam Kisah Pewayangan Mahabharata

Edwin Dhamaputra, Lead Designer and Research Head dari Dhelvic, merek motor listrik lokal asal Surabaya, Jawa Timur, juga menyampaikan pandangan yang serupa. 

Savart, produk dari Dhelvic, tidak menggunakan fan belt atau rantai, melainkan langsung memasang dinamo pada roda belakang, yang menurutnya jauh lebih efisien dalam penyaluran daya karena baterai dapat langsung terhubung dengan penggerak.

Meskipun demikian, masih ada beberapa motor listrik yang menggunakan rantai sebagai komponen penggerak, khususnya pada segmen premium dengan harga yang tinggi. 

Contohnya adalah Energica Ego, motor listrik sport asal Italia yang memiliki tampilan serupa dengan Ducati Panigale V4, yang di Indonesia dibanderol dengan harga Rp 1,4 miliar.

BACA JUGA:Silsilah Keluarga Mahabharata, Mengungkap Asal Usul Pandawa dan Kurawa

BACA JUGA:Batu Ajaib dari Langit? Mengupas Kisah Penemuan Meteorit Maryborough yang Menggemparkan!

Perkembangan ini menunjukkan bahwa industri motor listrik terus berinovasi dalam mencari solusi yang lebih efisien dan ramah lingkungan, sejalan dengan tren global menuju energi bersih dan teknologi yang berkelanjutan. *

 

 

 

Artikel ini telah tayang di laman ; https://momotor.id/news/motor-listrik-gunakan-v-belt-atau-rantai/

 

 

Kategori :