Mengenal Kerajaan Sriwijaya: Sejarah dan 10 Peninggalan Bersejarahnya

Sabtu 27-07-2024,14:56 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Kerajaan Sriwijaya adalah sebuah kekaisaran maritim yang pernah berdiri di pulau Sumatra dan memberikan pengaruh besar di wilayah Nusantara.

Kekuasaan Kerajaan Sriwijaya

Menurut peta sejarah, wilayah kekuasaan Sriwijaya mencakup Kamboja, bagian selatan Thailand, Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa Barat, dan kemungkinan juga Jawa Tengah.

Pendiri dan Nama Kerajaan

Nama Sriwijaya berasal dari bahasa Sansekerta, di mana ‘Sri’ berarti cahaya dan ‘Wijaya’ berarti kemenangan. Dengan demikian, Sriwijaya dapat diartikan sebagai “kemenangan yang bersinar.” Berdasarkan prasasti Kota Kapur, Kerajaan Sriwijaya didirikan pada abad ke-7 M oleh Dapunta Hyang Sri Jayanasa. Sejarah pendirian kerajaan ini agak sulit dipastikan karena informasi yang ada tidak memberikan rincian genealogis yang jelas mengenai para penguasa Sriwijaya.

Prasasti Kedukan Bukit dan Prasasti Talang Tuo menunjukkan bahwa Dapunta Hyang adalah raja pertama Sriwijaya. Prasasti Kedukan Bukit mencatat perjalanan Dapunta Hyang dengan 20 ribu tentara dari Minanga Tawan ke Palembang, Jambi, dan Bengkulu, yang menguatkan pengaruh Sriwijaya di daerah-daerah tersebut.

Prasasti Kota Kapur dari Pulau Bangka mengindikasikan bahwa Sriwijaya telah menguasai Sumatra bagian selatan, Bangka, Belitung, dan Lampung. Kerajaan ini juga diduga pernah melakukan ekspedisi militer ke Jawa.

Raja-raja Kerajaan Sriwijaya

Meskipun catatan genealogis Sriwijaya tidak lengkap, berikut adalah beberapa raja yang tercatat setelah Dapunta Hyang Sri Jayanasa:

- Sri Indrawarman

- Raja Dharanindra

- Raja Samaratungga

- Rakai Pikatan

- Balaputradewa

- Sri Udayadityawarman

Kategori :