Mulai Punah! Inilah Deretan Hewan Endemik Sumatera Selatan Yang Hampir Punah

Jumat 09-08-2024,22:56 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

Spesies Endemik yang Masih Ada

1. Orangutan Sumatera (Pongo abelii)

Orangutan Sumatera adalah salah satu dari tiga spesies orangutan dan merupakan primata terbesar yang hidup di pohon.

Dengan panjang tubuh sekitar 1,4 meter dan berat sekitar 80 kg, orangutan Sumatera terancam punah karena perburuan, perdagangan, dan hilangnya habitat.

Populasi diperkirakan sekitar 14.000 ekor, dan dapat ditemukan di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan serta Taman Nasional Kerinci Seblat.

2. Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus)

Gajah Sumatera adalah subspesies gajah Asia terkecil, dengan panjang tubuh sekitar 6 meter dan berat sekitar 4 ton.

Gajah Sumatera menghadapi ancaman serius akibat perburuan, perdagangan, dan hilangnya habitat, dengan populasi diperkirakan sekitar 2.000 ekor. Mereka dapat ditemukan di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dan Taman Nasional Way Kambas.

3. Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae)

Harimau Sumatera adalah harimau terkecil kedua di dunia, dengan panjang sekitar 2,4 meter dan berat sekitar 120 kg.

Memiliki warna bulu oranye gelap dan belang tebal, harimau Sumatera sangat terancam punah akibat perburuan dan perusakan habitat, dengan populasi sekitar 400 ekor. Spesies ini dapat ditemukan di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Semoga informasi ini menambah wawasan mengenai keanekaragaman hayati di Sumatera Selatan dan pentingnya upaya konservasi untuk melindungi spesies-spesies yang terancam punah.

 

Inilah 4 Daya Tarik Destinasi Sejarah Batu Kursi Raja Siallagan di Pulau Samosir, Sumatera Utara, Indonesia

PAGARALAMPOS.COM - Ada 4 tempat wisata sejarah di Batu Kursi Raja Siallagan yang perlu Anda ketahui, salah satunya adalah Batu Rakit.

Dibalik keindahan Pulau Samosir di Sumatera Utara, Indonesia, terdapat objek wisata Batu Kursi Raja Siallagan. Ini bisa dibilang sebagai ujian masa lalu Pulau Samosir yang terletak di Danau Toba.

Kategori :