Inilah Kearifan Lokal Bojonegoro dan 6 Pesona Alam Destinasi Wisata Memukau di Jawa Timur, Indonesia,

Senin 19-02-2024,19:58 WIB
Reporter : Almi
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Apa saja kearifan lokal yang ada di Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia? ternyata cukup banyak diantaranya  Wayang Thengul.

  Wayang merupakan kesenian yang menjadi warisan budaya Indonesia. kemduian  Tari Thengul, yakni tarian khas Kabupaten Bojonegoro.   Wayang Krucil dan Tayub Bojonegoro. Selain tempta-tempat wisata yang banyak tersebar di Bojonoegor ini.   Kabupaten Bojonegoro, selain kaya akan sejarah dan budaya, juga menawarkan destinasi wisata alam yang eksotis dan mempesona.   BACA JUGA:Keseruan Liburan IMLEK di Bojonegoro, AYOO Kemasi Baeangmu Saatnya Holiday   BACA JUGA:Wisata Bojonegoro yang Wajib Masuk List Liburan Imlek Kalian!   Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi enam tempat indah yang memperlihatkan keindahan alam nan eksotis di Bojonegoro.

1. Kayangan Api   Tempat wisata pertama yang perlu dikunjungi adalah Kayangan Api. Merupakan sumber api abadi yang terletak di kawasan hutan lindung, Kayangan Api sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit.   Keunikan tempat ini terletak pada fenomena geologi alam yang menghasilkan keluarnya gas alam dari dalam bumi yang kemudian tersulut api.   Api ini bahkan tidak pernah padam, bahkan saat hujan. Selain itu, terdapat keajaiban alam lain seperti Sumur Blukutuk dan Pohon Cinta.

Lokasi: Ngembul, Sendangharjo, Kec. Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
Tiket: Gratis
Jam Buka: 24 Jam   BACA JUGA:Rekomendasi Wisata di Bojonegoro yang Dapat Dimanfaatkan Pada Hari Libur!   BACA JUGA:Destinasi Wisata Bojonegoro yang Cocok Dikunjungi Pada Perayaan Imlek!   2. Negeri di Atas Angin   Negeri di Atas Angin adalah destinasi alam yang berada di ketinggian sekitar 650 mdpl.   Terletak di tengah kawasan hutan jati, tempat ini menawarkan suasana hening dan indah, jauh dari kebisingan kota.   Dengan berada di atas bukit, pengunjung dapat menikmati keindahan alam, sunrise, dan sunset. Pegunungan seperti Gunung Lawang dan Gunung Kendil dapat dilihat dari puncak bukit.

Lokasi: Deling, Sekar, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 07.30 WIB – 23.00 WIB   BACA JUGA:Wisata Bojonegoro yang Cocok Untuk Dikunjungi Ketika Libur Imlek!   BACA JUGA:Wisata Bojonegoro yang Miliki Keindahan Alam Menawan!   3. Bukit Tono   Bukit Tono atau Buton merupakan destinasi wisata yang menarik bagi penggiat media sosial.   Dengan berbagai spot foto yang kreatif, seperti tempat bersemayam burung, rangka rumah, dan gardu pandang, Bukit Tono memberikan pengalaman berfoto yang unik.   Posisinya yang tinggi juga memungkinkan pengunjung menikmati keindahan hutan jati dan Pegunungan Kendeng.

Lokasi: Sambongrejo, Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
Tiket: Rp. 3.000,-
Jam Buka: 24 Jam   BACA JUGA:Wisata Bojonegoro Mempesona! 6 Destinasi yang Menawarkan Keindahan Alam Nan Eksostis   BACA JUGA:Jejak Alam yang Memukau, Eksplorasi 6 Destinasi Wisata Unggulan di Bojonegoro   4. Air Terjun Kedung Maor   Air Terjun Kedung Maor menawarkan kolam air jernih dan suasana alam yang indah. Dengan nilai geoheritage tinggi, air terjun ini memberikan pengalaman menyegarkan.   Pengunjung dapat bermain air, melakukan body jumping, atau hanya menikmati keindahan kolam. Letaknya di Desa Kedungsumber, Kec. Temayang.

Lokasi: Desa Kedungsumber, Kec. Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
Tiket: Gratis
Jam Buka: 24 Jam   BACA JUGA:Punya Daya Tarik Tersendiri, Inilah 6 Wisata Memukau di Bojonegoro   BACA JUGA:Memukau, Inilah Rekomendasi 6 Wisata di Bojonegoro yang Punya Keindahan Mempesona!   5. Air Terjun Kedunggupit   Air Terjun Kedunggupit, atau dikenal juga sebagai Air Terjun Krondonan, masih mempertahankan suasana alam asri.   Dengan trekking sekitar 50 km, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang belum banyak dijamah.   Air terjun ini mengalir di tebing batu yang gagah, dikelilingi oleh hijaunya tumbuhan.

Lokasi: Perbatasan Desa Krondonan, Kecamatan Gondan dengan Dusun Dayam, Desa Klino, Kec. Sekar, Bojonegoro
Tiket: Gratis
Jam Buka: 24 Jam   BACA JUGA:Menjelajahi Keindahan Alam Bojonegoro, 6 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi   BACA JUGA:Kunjungi Makodim Bojonegoro dan Jombang, Ini Pesan Pangdam Brawijaya kepada Babinsa   6. Air Terjun Kedung Peti   Air Terjun Kedung Peti menawarkan suasana alam yang sangat alami. Dengan ketinggian sekitar 10 meter, air terjun ini memiliki dua undakan dan kolam alami yang aman untuk berenang.   Lokasinya yang terbatas menambah keeksotisan tempat ini, dan pengunjung harus melakukan trekking sekitar 2 km untuk mencapainya.

Lokasi: Dusun Gaplok, Katileng, Malo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur
Tiket: Gratis
Jam Buka: 24 Jam   Dengan keindahan alam yang masih alami, tempat wisata di Bojonegoro menawarkan pengalaman liburan yang berbeda dan menyegarkan.   Sebuah perjalanan yang patut dicoba bagi para pecinta alam dan petualang.         (Sumber: www.nativeindonesia.com - 17 Tempat Wisata Bojonegoro, Mulai dari Api Abadi Hingga Wisata Keluarga Malam)
 
 
 
Tags : #wisata #kearifan #jawa timur #indoesnia #bojonegoro
Kategori :

Terkait

Terpopuler

Terkini