1. Menuliskan daftar tugas setiap hari
Daftar tugas sehari-hari dapat menjadi panduan kita untuk menjalani aktivitas. Siapkan catatan berupa jadwal, tugas, lokasi dan waktu.
Kemudian tuliskan tugas-tugas kita untuk bisa menentukan fokus dan skala prioritas tugas mana yang perlu diselesaikan lebih dulu.
2. Mengurangi gangguan
Saat mengerjakan sesuatu, pastikan kita menuntaskannya secara efektif dengan mengurangi gangguan yang ada. Kita dapat senyapkan notifikasi peringatan email, chat, hingga panggilan di ponsel.
Pertimbangkan pula untuk memblokir situs website yang bisa mengganggu pada periode "waktu fokus" agar tercipta zona bebas gangguan saat mengerjakan tugas.
BACA JUGA:6 Tips Penting Agar Perjalanan Jauh Meggunakan Motor Aman dan Nyaman, Ini Selengkapnya!
3. Teknik Pomodoro
Teknik Pomodoro melibatkan pengaturan interval kerja 25 menit yang dipisahkan dengan istirahat 5 menit.
Metode ini dapat menuntaskan pekerjaan singkat dengan cara yang lebih terfokus, diselingi istirahat yang menyegarkan dan menjaga tingkat energi agar tidak mudah kelelahan.
4. Berani untuk mengatakan tidak
Mungkin cara ini membutuhkan sedikit keberanian di dalam diri. Kita dapat belajar menolak dengan sopan ketika ada permintaan yang tidak sejalan dengan skala prioritas.
Jangan biarkan waktu kita tertunda dengan mengerjakan hal-hal yang di luar prioritas kita.
BACA JUGA:Keelokkan 7 Pantai di Lampung! Pesonanya Keesotikannya Jadikan Liburan Lebih Berkesan
5. Memprioritaskan waktu tertentu
Membagi waktu tertentu secara disiplin dapat membantu kita lebih terfokus untuk mengerjakan sesuatu.