Film Everest: Nekat Mendaki Berujung Tragedi

Sabtu 09-12-2023,02:08 WIB
Reporter : Mey
Editor : Mey

Ini pendapat pribadiku, adegan ini ingin menggambarkan betapa ‘pedulinya’ AS dalam menangani warganya.

Meski antara buku Into Thin Air dan cerita dalam film Everest ini cukup berbeda.

Di buku Into Thin Air dijelaskan (bahkan dengan foto) bahwa Beck diangkut  dengan helicopter dari Base Camp menuju Kathmandu setelah melalui proses evakuasi yang dramatis dari camp 4 hingga ke Base Camp  namun di film Everest digambarkan bahwa Beck di selamatkan dengan Helicopter dari Camp 4 langsung ke Kathmandu. 

Sang Pilot helicopter berusaha mati-matian hingga mempertaruhkan nyawa terbang hingga ke ketinggian di atas 7000 mdpl meskipun sangat berat karena mendapat instruksi langsung dari Dubes AS.

BACA JUGA:Bikin Tampilanmu Makin Kece! Coba 4 Model Rambut Ini yang Lagi Trend

Berbicara soal Amerika,  ini yang menarik mengingat film ini diproduksi oleh Universal Picture yang ‘Hollywood’.

Mohon maaf jika aku menggunakan buku Into Thin Air beserta filmnya sebagai referensi utama meskipun Krakauer menyebutkan bahwa dia bisa saja salah dalam mengingat suatu kejadian.

Tapi kesalahan itu terjadinya setelah melewati Camp 3 menuju Camp 4 atau camp terakhir.  Hingga proses aklimatisasi di Camp 3, Krakauer selalu mencatat semua kejadian untuk bahan tulisannya.

Dalam buku Into Thin Air dan film berjudul sama berdurasi 89 menit itu, akan membuat penonton Film Everest yang diputar saat ini lebih mudah menelaah apa sebenarnya yang terjadi di tanggal 10 Mei 1996 di Puncak Everest.

BACA JUGA:Sambut HUT Ke 78 Kodam II/Sriwijaya, Kodim 0432/Basel Gelar Karya Bakti dan Baksos

Film ini sebenarnya berkisah tentang sebuah persaingan usaha. Bukan hanya persaingan dalam merebut client yang notabene adalah orang ‘berduit’ namun juga persaingan dalam memperebutkan publikasi di media massa.

Krakauer menceritakan bahwa awalnya dia sudah sepakat dengan Scott Fischer untuk menjelajahi Everest di tahun 1995. Scott dan Krakauer pernah beberapa kali bertemu di  Amerika.

Rencana  awalnya Krakauer  tak akan sampai puncak namun hanya sampai di Everest Base Camp, seperti yang diminta oleh editor Outisde Magazine untuk meliput bagaimana bisnis guide di Everest yang melibatkan orang-orang kaya.

Krakauer akan bergabung dengan team ekspedisi Scott dengan  iming-iming Mountain Madness Guided Expedition akan di ‘tampilkan’ di  halaman Outside magazine.

BACA JUGA:Ke UEA dan Arab Saudi Dengan Ilyushin Il-96, Vladimir Putin Dikawal Empat Unit Sukhoi Su-35

Tentu saja Krakauer akan mendapatkan diskon dari USD 65,000 yang harus dibayar tiap orang.

Kategori :