Deretan Nama Desa Unik Dan Memiliki Makna Mendalam Yang Ada Di Kota Pagar Alam!

Sabtu 02-12-2023,20:21 WIB
Reporter : Erick
Editor : Erick

Karena sesuatu dan lain hal, penyebutan nama itu berubah jadi Muara Siban,”ucapnya.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Terbaik Wisata Pagaralam yang Harus Dikunjungi! Nama-nama dusun di wilayah kecamatan Dempo Tengah juga sarat dengan sejarah.

Di antaranya nama dusun Karang Dalo. Satar bilang, Karang Dalo berasal dari nama asli Kerung Mendale-pelangi yang melingkari matahari.

Karena faktor pengucapan, Satar bilang, Kerung Mendale berubah menjadi Karang Dale lalu Karang Dalo sampai dengan sekarang.

“Nama ini terinspirasi dari munculnya pelangi yang berbentuk lingkaran yang mengitari matahari ketika itu,”imbuhnya.

BACA JUGA:6 Alasan Kucing Suka Tidur Didekatmu, Salah Satunya Keberuntungan Akan Menghampiri! Lain halnya dengan nama dusun Benua Keling yang kini masuk wilayah kecamatan Dempo Selatan.

Kata Satar, nama Benua Keling dipakai untuk mengenang asal Puyang Atung Bungsu.

Atung Bungsu, menurut sejarah, berasal dari Keling, India. Karenanya, nama dusunnya disebut dengan Benua Keling.

“Benua berarti kawasan yang luas. Sedangkan Keling nama asal Puyang Atung Bungsu,”ucap Satar.

BACA JUGA:'Kudok Betelugh' Pisau Suku Besemah, Senjata Tradisional Suku Di Sumsel? Selain itu ada dusun yang nama awalnya memakai kata Tanjung. Di antaranya Tanjung Payang, Tanjung Cermin, Tanjung Keling, Tanjung Taring, dan Tanjung Pasai.

Menurut Satar, pemakaian kata tanjung sesuai dengan kondisi geografis pemukiman itu.

Kata dia, tanjung berkaitan dengan tanah yang menjorok ke arah muara sungai.

“Biasanya dusun yang memakai kata tanjung pasti memiliki sungai. Misalkan Tanjung Payang itu , kan ada sungai Payang di sana,”sambungnya.

BACA JUGA:Indonesia, Tradisi 'Nyemantung' Suku Besemah di Sumatera Selatan, Cara PDKT Nenek Moyang Setupe dan Jarai Beberapa nama dusun di Kabupaten Lahat juga memiliki keterkaitan sejarah yang erat.

Misalkan dusun Stupe dan Jarai. Menurut Satar, nama Dusun Setupe diberikan karena di sana konon terdapat berbentuk stupa-bangunan terbuat dari batu berbentuk  genta.

Daerah ini kemudian disebut dengan Padang Setupe. “Ketika warga mulai menempati kawasan itu, mulailah dipakai nama Dusun Setupe,”urainya. Bagaimana dengan nama Jarai yang kini jadi juga jadi nama kecamatan? Kata Satar, nama Jarai, muncul setelah banyaknya pedagang yang berjualan di sana.

Kategori :