Euro 2024 Sudah Dipastikan Tanpa Kehadiran Haaland!

Senin 20-11-2023,02:16 WIB
Reporter : Sandi
Editor : Sandi

PAGARALAMPOS.COM - Timnas Prancis mencatat rekor kemenangan terbesar dalam sejarah mereka saat membinasakan timnas Gibraltar pada lanjutan Kualifikasi Euro 2024 dengan skor 14-0! 

Kegilaan tersebut tersaji ketika timnas Prancis menjamu Gibraltar di Stadion Allianz Riviera, Nice, Sabtu (18/11/2023).  Anak asuh Didier Deschamps bak menjalani sparing dalam pertandingan yang sudah tak menentukan posisi mereka di Kualifikasi Euro 2024.

Les Bleus sudah dipastikan lolos ke putaran final sejak Oktober lalu sebagai juara Grup B.  Pun Gibraltar yang tak akan beranjak ke mana-mana dari dasar klasemen.  Pesta gol yang sudah diperkirakan itu terlihat gejalanya sejak menit-menit awal.

BACA JUGA:Mendorong Pembangunan Kota Pagar Alam Melalui Optimalisasi Dana Insentif Fiskal, Ini Selengkapnya!

Berkat aksi nekat bek lawan Ethan Santos, tim Prancis berhasil mencetak gol cepat pada menit ketiga. Baru berjalan 13 menit, tim Ayam Jago sudah unggul 3-0 berkat gol lanjutan Marcus Thuram dan Warren Zaire-Emery. 

Kemenangan telak Prancis bisa dikatakan dipengaruhi dua hal. Pertama-tama, Gibraltar hanya berstatus ``tim jarak jauh'', peringkat 198 dunia. Peringkat mereka jauh di bawah timnas Indonesia yang berada di peringkat 145  daftar FIFA. 

Kedua, tim  Inggris  kehilangan  pemain setelah menit ke-18.  Ethan Santos mencetak gol bunuh diri dan menjadi pemain pertama yang dikeluarkan dari lapangan karena melakukan pelanggaran keras terhadap Zaire-Emery, sebelum remaja berusia 17 tahun itu  digantikan karena cedera.

BACA JUGA:Banyak yang Nggak Tau, Ternyata Ini 9 Gudang Emas Terbesar di Dunia

Sejak saat itu, gol pun mengalir ke pertahanan Gibraltar. Prancis memimpin 7-0 di penghujung babak pertama, berkat gol selanjutnya dari Kylian Mbappé (penalti), Jonathan Klaus, Kingsley Coman dan Youssouf Fofana.

Usai jeda, tim Ayam Jago menyamakan kedudukan dan menyelesaikan pertandingan dengan skor 14-0.  Tsunami gol paruh kedua terjadi akibat kontribusi tambahan dari Mbappe (2 gol), Coman, Adrien Rabiot, Ousmane Dembele, dan Olivier Giroud (2). 

Nama terakhir menyajikan gol penutup pesta melalui tembakan salto di muka gawang.  Mbappe menjadi penampil terbaik dengan kontribusi hattrick plus dua assist.  Skor 14-0 melahirkan rekor kemenangan terbesar dalam sejarah timnas Prancis. 

BACA JUGA:Membuka Tabir Desa Kuno di Albania, Peradaban di Dasar Danau yang Menggetarkan Dunia

Angkanya melebihi kemenangan atas Azerbaijan pada 1995 silam dengan skor 10-0. 14 gol yang dicetak Mbappé dkk tercipta setelah  94 menit permainan.  Dengan kata lain, rata-rata seorang penjaga gawang Gibraltar akan mengeluarkan bola dari gawangnya setiap enam menit. *

Kategori :