Misteri Makam Putri Padjajaran: Menyelami Sejarah di Gunung Salak

Selasa 30-07-2024,21:56 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Gunung Salak tidak hanya terkenal dengan pemandangan yang menakjubkan tetapi juga menyimpan berbagai misteri.

Di lokasi ini terdapat sejumlah makam yang dianggap suci, termasuk makam Sunan, salah satu pengawal Songo, seorang pangeran, serta tokoh-tokoh dari mitologi wayang.

Di antara makam tersebut adalah makam Rara Kadita, seorang putri raja.

Legenda lokal menyebutkan penampakan wanita cantik yang dikenal sebagai Nyi Roro Kidul. Konon, bidadari ini merupakan putri dari Prabu Siliwangi, raja Pajajaran pada masa itu.

Dalam mitologi Jawa, Kanjeng Ratu Kidul dianggap sebagai dewi padi dan alam lainnya yang dihasilkan oleh dewa Kaping Telu.

Sementara Nyi Roro Kidul, seorang putri dari Kerajaan Sunda, diasingkan oleh ayahnya karena perbuatan ibu tirinya. 

Namun, masyarakat sering kali menyamakan Nyi Roro Kidul dengan Kanjeng Ratu Kidul, padahal menurut kepercayaan Jawa, Nyi Roro Kidul adalah pengikut setia Kanjeng Ratu Kidul.

Kepercayaan ini menyebutkan bahwa Nyi Roro Kidul merupakan patih Kanjeng Ratu Kidul yang memimpin pasukan makhluk halus di laut selatan. 

Pada abad ke-19, Kiai Iman Sampurno dari Blitar meramalkan bahwa Nyi Roro Kidul dan Sunan Lawu akan memimpin pasukan dan menyebarkan wabah kepada manusia yang berperilaku buruk.

Ada juga versi cerita mengenai Kadita, putri tunggal Raja Munding Wangi dari Galuh Pakuan, yang terkenal karena kecantikannya dan dijuluki Dewi Srengenge atau Dewi Matahari.

Menurut cerita rakyat Sunda, Dewi Kadita adalah putri cantik dari Kerajaan Sunda Pajajaran yang melarikan diri ke lautan selatan setelah terkena guna-guna.

Guna-guna yang disebabkan oleh seorang dukun atas perintah saingan di istana membuatnya menderita penyakit kulit. Ia melompat ke laut yang bergelora, sembuh, dan kembali cantik. Kemudian, ia diangkat sebagai Ratu Lelembut Laut Selatan.

Jawa Barat juga memiliki banyak destinasi wisata menarik, termasuk Pantai Karang Hawu di Sukabumi. Pantai ini dikenal dengan suasana mistis terkait mitos Nyi Roro Kidul.

Pantai Karang Hawu terletak di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, dan dikenal dengan tebing yang menjorok ke laut serta sebuah karang yang memiliki lubang-lubang berbentuk seperti tungku (hawu dalam bahasa Sunda), sehingga dinamakan Pantai Karang Hawu.

Di pantai ini terdapat kompleks makam, salah satunya diyakini sebagai makam Nyai Roro Kidul. Pada hari-hari tertentu, banyak pengunjung datang untuk berdoa dan mencari berkah dari Nyai Roro Kidul. 

Kategori :