Ini Alasan Mobil Mini Cooper Klasik Harganya Mahal, Ternyata Miliki Historis Seperti Ini

Selasa 10-10-2023,05:53 WIB
Reporter : Rerry
Editor : Rerry

Salah satu rahasianya adalah penggunaan letak posisi mesin yang digunakan oleh Mini. Di generasi pertama ini, BMC membuat Mini dengan desain mesin yang melintang dan menggunakan penggerak roda depan.

Hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa Mini memiliki ruang kabin yang lega. Mesin yang dipasang ini akan menggerakkan roda depan. Ini artinya, oli mesin dan oli transmisi saling berbagi. 

Selain itu, mobil tersebut juga tidak memiliki gardan, sehingga lantainya bisa menjadi lebih rata dan nyaman untuk penumpang di baris kedua. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kekhawatiran akan krisis minyak yang terjadi di masa depan. 

BACA JUGA:Fakta Menarik dan Unik Tana Toraja, Dari Wisata Hingga Kebudayaan

Efek dari tidak adanya gardan inilah yang membuat desain Mini bisa lebih diminimalisir lagi.

Pada zaman tersebut, akomodasi penyimpanan bukanlah hal utama bagi para pabrikan mobil. Lihat saja Mini Mark 1 ini, hanya memiliki ruang penyimpanan untuk mesin di bagian depan dan bagasi berukuran kecil di bagian belakang. 

Sedangkan di bagian dalam hanya ada ruang penyimpanan yang ada di dasbor berbentuk seperti tatakan kecil yang membentang dari sisi kiri hingga kanan.

Transmisi yang Digunakan Mini

BACA JUGA:Fakta Menarik dan Unik Tana Toraja, Dari Wisata Hingga Kebudayaan

Mesin kecil yang dipasangkan di tubuh kecil itu ditawarkan dengan beberapa opsi transmisi. 

Mulai dari manual 4 percepatan dengan synchromesh 3 ratio, 4 percepatan otomatis dan 5 percepatan manual yang hanya ditawarkan di beberapa model saja. 

Transmisi otomatis? Yap, sejak awal kelahirannya mobil kecil ini memang sudah ditawarkan dengan transmisi otomatis. Keren bukan?

Memasuki Dunia Balap

BACA JUGA:Simak Disini! Inilah Keunggulan Mitsubishi XFORCE

John Cooper sebagai teman dari Alec Issigonis yang juga memiliki Cooper Car Company dan Formula One Manufacturers Champion melihat ada potensi balap di mobil mungil tersebut. Pada 1959 dan 1960, Mini menjadi kelinci percobaan. 

Kedua orang itu mencoba ide liar mereka dengan menjadikan Mini sebagai mobil yang gesit, ekonomis dan tentunya murah. 

Kategori :