Tingkatkan Literasi Keuangan Lewat KUR

Rabu 27-09-2023,23:00 WIB
Reporter : Sandi
Editor : Sandi

PAGARALAMPOS.COM – Dalam upaya peningkatan literasi keuangan dan optimalisasi produk dan layanan keuangan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sumatera Selatan menggelar Roadshow, yang berlangsung di Gedung Balai Kota Pagaralam, Rabu (27/9).

Giat bertemakan ‘Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera’ tersebut dibuka secara langsung PJ Walikota Pagaralam, H Lusapta Yudha Kurnia SE MM.

Pada giat itu, Yudha menekankan, dalam pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk pelaku usaha di Dinas Perizinan Kota Pagaralam ini gratis, atau tanpa dipungut biaya.

BACA JUGA:Kormi Pagaralam Raih 4 Medali Emas dan 3 Perunggu di Ajang Forprov Tahun 2023

“Jadi kita mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Pagaralam agar segera memiliki NIB. Dalam pembuatan NIB untuk pelaku usaha di Dinas Perizinan Kota Pagaralam ini gratis, atau tanpa dipungut biaya,” jelasnya.

Dikatakan Yudha, TPAKD merupakan forum koordinasi antara instansi dan pemangku kepentingan, untuk percepatan akses keuangan di daerah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu para peserta dapat mengikuti program ini dengan maksimal,” ujarnya.

Sementara Analis Kemitraan Pemerintah Daerah OJK Kantor Regional 7 Sumbagsel, Vina Juliastine didampingi oleh Kepala Bank Sumsel Babel Cabang Pagaralam, Febriansyah Muslimin menuturkan, tujuan TPKAD ini untuk percepatan akselerasi akses keuangan kepada masyarakat Kota Pagaralam, utamanya UMKM.

BACA JUGA:Misteri Atlantis Yang Hilang, Kontroversi Jejak Peradabannya di Indonesia

“Karena dengan adanya akses keuangan yang bersubsidi pemerintah terutama seperti KUR UMI kredit Besemah ini, dapat dimanfaatkan dengan optimal oleh masyarakat khususnya UMKM,” pungkasnya.

“Melalui program yang diusung dalam program kerja tim percepatan akses keuangan daerah, Pemkot Pagaralam dapat mendorong pertumbuhan sektor usaha UMKM dengan adanya relaksasi KUR ini tentunya mampu tumbuh dan berkembang,” tambahnya. *

Kategori :