Bikin Bangga! Inilah 5 Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia, Udah Tau Belum?

Kamis 07-09-2023,10:19 WIB
Reporter : Bodok
Editor : Bodok

3. Warisan Penambangan Batubara Ombilin di Sawahlunto

Pada tahun 2012, UNESCO mengakui warisan penambangan batu bara Ombilin di Sawahlunto, Sumatera Barat. Warisan ini mencerminkan pertukaran budaya antara pengetahuan kearifan lingkungan masyarakat lokal dengan teknologi pertambangan Eropa.

Penambangan batubara berkualitas tinggi di wilayah Sumatera Barat telah menciptakan warisan unik ini.

4. Candi Prambanan

Candi Prambanan, kompleks candi terbesar yang didedikasikan untuk Siwa di Indonesia, adalah peninggalan khas agama Hindu yang menggambarkan kisah Ramayana dan didedikasikan untuk tiga dewa Hindu: Shiva, Wisnu, dan Brahma.

Candi utama, Candi Siwa, mencapai ketinggian 47 meter dan menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Prambanan dikenal sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara dan memiliki arca khas bernama Roro Jonggrang yang sangat terkenal.

BACA JUGA:Misteri Kehilangan Pahlawan dalam Perang Kemerdekaan Indonesia, Kok Bisa?

5. Manusia Purba Sangiran

Wilayah Sangiran, yang terletak di dua kabupaten, Sragen dan Karanganyar, adalah salah satu warisan budaya utama yang mengenalkan evolusi manusia.

Sangiran menyimpan fosil manusia purba, alat-alat dari batuan purba, dan lapisan tanah purba. Selain menjadi tujuan pariwisata, Sangiran juga menjadi pusat penelitian ilmu arkeologi, geologi, dan paleontologi yang sangat potensial dengan koleksi puluhan ribu artefak yang berharga.

Pengakuan UNESCO terhadap warisan budaya ini adalah penghargaan atas nilai sejarah, arsitektur, dan kekayaan alam Indonesia yang luar biasa. Upaya pelestarian dan pengenalan warisan ini menjadi langkah penting dalam melestarikan kekayaan budaya dan alam Indonesia, serta membaginya dengan dunia.

Indonesia, sebagai negara yang memahami pentingnya menjaga dan menghormati warisan, telah menunjukkan komitmen yang kuat untuk mewujudkannya.***

Kategori :