Langkah Tepat Mengajukan Pinajaman KUR Sukses, Ini Tips Praktis yang Perlu Dilakukan!

Jumat 01-09-2023,03:01 WIB
Reporter : Bodok
Editor : Bodok

4. Rencanakan Detail Pengajuan KUR

Mengetahui detail Pengajuan KUR dengan jelas sangat penting saat Anda akan mengajukan kredit di bank. Detail ini akan menjadi dasar dan tujuan pengajuan KUR Anda.

Anda perlu menentukan nominal yang diperlukan, tujuan penggunaan dana, jangka waktu pinjaman yang diinginkan, serta sumber dana untuk pelunasan kredit.

BACA JUGA:7 Tips ini Terbukti Efektif Buat Kamu yang Ingin Memilih Pinjaman KUR yang Tepat

5. Siapkan Semua Dokumen Persyaratan

Pastikan Anda melengkapi semua dokumen persyaratan yang diperlukan sebelum mengajukan KUR.

Teliti syarat-syarat yang ditentukan oleh bank dan pastikan Anda memiliki dokumen-dokumen seperti dokumen pribadi (KK, KTP, akta nikah), dokumen perizinan usaha (NPWP, SIUP, TDP), dokumen agunan, dan dokumen keuangan bisnis.

6. Siapkan Agunan dengan Cermat

Bank biasanya membutuhkan jaminan atau agunan untuk pengajuan KUR. Pastikan Anda menyiapkan agunan yang memiliki nilai setidaknya sama dengan atau lebih tinggi dari nilai kredit yang Anda ajukan.

Setiap bank memiliki kriteria sendiri dalam menilai jenis pinjaman yang dapat diterima, jadi pastikan Anda memahami persyaratan ini sebelum mengajukan KUR.

BACA JUGA:Mengoptimalkan Pemanfaatan KUR BRI 2023, 7 Tips Sebelum Mengajukan Pinjaman

7. Kelola Usaha Selama Minimal 6 Bulan

Sebelum mengajukan KUR, pastikan usaha Anda telah berjalan minimal 6 bulan. Bank umumnya cenderung mempertimbangkan pengajuan usaha yang memiliki sejarah operasional yang lebih panjang.

Bukti arus kas selama 6 bulan terakhir juga dapat menjadi poin tambahan dalam Pengajuan Anda.

8. Ketidakmampuan dalam Mengelola Bisnis

Tidak hanya dokumen dan persyaratan formal, bank juga akan menilai kemampuan Anda dalam mengelola bisnis serta kemampuan Anda untuk membayar kredit.

Kategori :