Keindahan Danau Ronggojalu di Jawa Timur, Mengungkap Legenda dan Misteri yang Menyelimutinya!

Sabtu 26-08-2023,06:36 WIB
Reporter : Jukik
Editor : Jukik

PAGARALAMPOS.COM - Di pedalaman Jawa Timur terdapat sebuah tempat yang sungguh memukau, yang memiliki daya tarik alamiah dan juga kisah-kisah legendaris yang mengelilinginya. 

Danau Ronggojalu, dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, merupakan perpaduan harmonis antara kecantikan alam dan misteri yang mendalam. 

Tersembunyi di tengah hutan yang rimbun, danau ini telah menjadi tempat yang sarat dengan cerita dan legenda yang menghiasi budaya lokal. 

Dalam artikel ini, kita akan memasuki dunia Danau Ronggojalu, menjelajahi keajaiban alamnya, serta mengungkap legenda dan misteri yang telah meramaikan kawasan ini selama berabad-abad. 

BACA JUGA:Apa Rasanya Mengawini Ibu dan Saudara Kandung Sendiri? Terjadi di Tradisi Suku Polahi

Sebagai alternatif destinasi wisata di Kabupaten Probolinggo, danau ini telah menarik perhatian para pengunjung dengan panorama yang menakjubkan. 

Dipenuhi oleh pepohonan rindang, Ronggojalu menawarkan pemandangan telaga yang begitu menenangkan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk berjalan di atas jembatan-jembatan yang melintasi danau, menghubungkan Anda dengan pusat telaga di tengah-tengahnya. 

Dari sini, Anda dapat mengamati kehidupan bawah air yang kaya dengan berbagai jenis ikan dan tanaman air. 

BACA JUGA:Istana Tua Berusia 1000 Tahun Ditemukan Warga, Diduga Kerajaan Besar Milik Raja Airlangga!

Tak hanya itu, di bagian selatan, terdapat dua makam yang mengandung kisah legenda Ronggojalu.

Menurut Mbah Karto, seorang tokoh lokal dan juru kunci Ronggojalu, legenda danau ini bermula dari perselisihan antara sepasang kakak beradik.

Tanah di mana danau kini berdiri adalah saksi bisu dari cerita tragis ini. Kakak meminta air kepada sang adik, dan sebagai respon, sang adik menancapkan sebuah lidi ke tanah. 

Sang adik meminta sang kakak untuk mencabut lidi tersebut, namun upaya itu sia-sia. Kesalahpahaman ini berujung pada sang adik yang mencabut lidi sendiri, melepaskan pancaran air besar yang tak terbendung.

BACA JUGA:Logam Mulia Dan Artefak Kuno Berusia Ribuan Tahun Ditemukan, Gunung Padang Jadi Tujuan Para Peneliti!

Kategori :