Arkeolog Temukan Bongkahan Logam Mulia Seberat 3 Ton di Gunung Padang, Lantas Peninggalan Siapa?

Sabtu 12-08-2023,11:47 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

PAGARALAMPOS.COM - Gunung Padang, situs megalitik dekat Cianjur di Jawa Barat, telah menjadi fokus penelitian arkeologi dan geologi.

Situs ini menawarkan artefak dan struktur yang menarik, termasuk objek yang dikenal sebagai Kujang Gunung Padang. Namun, temuan ini telah memicu panel ahli yang lebih luas.

Kujang Gunung Padang adalah benda mirip senjata yang memiliki gagang seperti ikat pinggang dan bilah bersisi ganda, artinya kedua sisi memiliki ujung yang sama.

Itu terbuat dari batu dan ditemukan di sebuah situs yang diyakini telah dihuni setidaknya sejak 5200 SM. Artefak ini menarik perhatian para sarjana, terutama karena kemiripannya dengan senjata tradisional Sunda, parang.

BACA JUGA:Merdeka, Kisah Inspiratif Dari Daan Mogot, Hingga Jendral Sudirman, Dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia?

Sejauh ini, beberapa penemuan di pegunungan gurun belum mengungkapkan kebenarannya.

Namun, semua temuan tersebut masih dipelajari atau dikaji oleh para ahli untuk mengungkap kebenarannya. 

Nah, yang bikin heboh saat ini adalah fakta bahwa para peneliti telah menemukan tidak kurang dari 3 ton logam mulia dan pasir tahan gempa.

Dengan ditemukannya kedua benda tersebut, publik pun bertanya-tanya, apa warisan dari logam mulia dan peredam gempa tersebut? Ingin tahu lebih lanjut, langsung saja simak artikel di bawah ini. 

BACA JUGA:Pecinta Horor wajib Nonton! Film Adaptasi dari Karya Sang ‘Bapak Horor’ Dunia (13)

Banyak penemuan di Gunung Padang, seperti keberadaan gerbang tersembunyi dan logam mulia, telah mengejutkan dan usia situs diperkirakan ribuan tahun.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa situs tersebut mungkin telah dibangun oleh nenek moyang orang ini 11.000 tahun yang lalu, yang dapat mengubah pemahaman tentang sejarah dunia.

Perdebatan para ahli tentang apakah batu Gunung Padang merupakan artefak atau hasil alam masih terus berlanjut hingga saat ini. 

Uji pemindaian di laboratorium diharapkan memberikan pemahaman lebih mendalam, tentang sejarah situs dan artefak Gunung Padang. Situs megalitikum yang menarik perhatian penelitian arkeologi dan geologi.

BACA JUGA:Film Horor Paling Serem! Adaptasi dari Karya Sang ‘Bapak Horor’ Dunia, Nonton Yuk! (11)

Kategori :