Ngeri! Inilah 5 Misteri dan Mitos Gunung Bromo Jawa Timur yang Banyak di Takuti Para Pendaki

Selasa 25-07-2023,13:54 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

PAGARALAMPOS.COM - Gunung Bromo adalah gunung berapi di Jawa Timur yang tingginya mencapai 3.292 meter di atas permukaan laut.

Tidak hanya itu, gunung bromo juga merupakan salah satu wisata yang sangat populer di jawa timur, tidak dipungkiri pemerintah jawa timur telah mempromosikan wisata gunung bromo ke seluruh dunia.

Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang terletak di antara 4 wilayah yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang di Provinsi Jawa Timur.

Gunung dengan ketinggian 2.329 mdpl ini merupakan objek wisata alam paling populer di Jawa Timur.

BACA JUGA:Peradaban Canggih Situs Gunung Padang, Peneliti Temukan 13 Ton Logam Mulia Hingga Pasir Peredam Gempa

Bromo terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, sehingga pemandangan Gunung Semeru akan menjadi latar belakang yang indah di belakang Bromo. Bagi masyarakat Tengger,

Gunung Bromo merupakan gunung suci, namanya diambil dari Dewa Brahma, dewa utama agama Hindu. 

Berikut inilah 5 misteri dan mitos gunung bromo wajib kalian ketahui:

1. Kerajaan Gaib

Seperti gunung-gunung lainnya, Gunung Bromo juga dianggap menjadi area kerajaan gaib. Di sini dianggap sebagai sarang dewa-dewi ajaran Hindu, seperti Dewa Brahma, Dewa Siwa, Wisnu dan para punggawanya. 

BACA JUGA:Tradisi Ini Bisa Bikin Bengong! Berikut 5 Tradisi Unik Atau Aneh Dalam Berhubungan Badan Di Indonesia

Banyak orang mengalami fenomena aneh seperti diikuti seseorang, mendengar suara, melihat bayangan aneh dan lain-lain.

Hal ini banyak terjadi di Watu Kuto, sebuah daerah yang jarang terjamah di sekitar Bromo yang berisi bebatuan dan padas, karena sebagian besar penghuninya berkumpul sana, untuk itu pengunjung harus menjaga sopan santunnya.

Bahkan ada cerita salah seorang pendaki perempuan yang kala itu melempar gitarnya dikawah karena kegirangan telah mencapai puncak.

2. Akar Gaib

Kategori :