Terungkap! Misteri Gunung Sumbing Menjadi Tempat Pesugihan, dan Berkumpulnya Para Wali

Selasa 18-07-2023,06:53 WIB
Reporter : Jukik
Editor : Jukik

PAGARALAMPOS.COM - Gunung Sumbing, yang terletak di daerah Wonosobo, Magelang, dan Temanggung, Jawa Tengah, telah menjadi destinasi mendaki populer bagi banyak orang.

Namun, popularitasnya juga dikaitkan dengan cerita-cerita mistis yang beredar di sekitar gunung tersebut.

Salah satu cerita yang sering terdengar adalah keberadaan genderuwo yang menjaga Gunung Sumbing. 

Genderuwo, makhluk astral berwujud raksasa hitam berbulu dengan mata merah memancar, konon mengawasi setiap pendaki yang memasuki pintu masuk gunung tersebut. 

BACA JUGA:Misteri Lembah Harau Yang Mempesona, Miliki Kisah Pilu Mendalam Di Setiap Kisahnya!

Bahkan, mereka dikatakan dapat mengawasi pendaki hingga beberapa kilometer dari pintu masuk. 

Menurut kepercayaan sekitar, genderuwo ini dapat melukai atau mengacaukan orang yang berperilaku tidak sopan selama pendakian, bahkan dapat menyebabkan seseorang tersesat.

Selain genderuwo, masyarakat sekitar Gunung Sumbing juga percaya bahwa penampakan orang-orang yang mengenakan pakaian putih adalah roh dari tokoh-tokoh Islam yang menyebarkan agama di Pulau Jawa. 

Mereka diyakini berkumpul di gunung ini untuk membicarakan kelangsungan agama Islam di pulau tersebut. 

BACA JUGA:Tau Gak Sih? ini Dia 3 Sejarah dan Misteri Gunung Kawi yang Harus Kamu Tau

Tak heran jika para pendaki akan sering melihat petapa-petapa yang berpakaian separuh putih, duduk bersila dengan mata terpejam dan mulut yang tampak berbisik membaca mantra. 

Masyarakat setempat meyakini bahwa Gunung Sumbing merupakan gerbang terdekat untuk berkomunikasi dengan makhluk gaib atau alam gaib.

Namun, tidak semua orang yang ditemui di Gunung Sumbing adalah petapa atau roh. Beberapa orang yang membawa sesaji atau persembahan dalam pendakian tersebut kemungkinan besar sedang mencari pesugihan. 

Gunung Sumbing menjadi tempat bagi mereka yang ingin memperoleh kekayaan dengan cara instan tanpa bekerja keras, dengan menumbalkan beberapa kerabatnya. 

BACA JUGA:Yakin Mau Sendirian Kesini? Melihat Lebih Dekat Penunggu Makam Gunung Salak yang Menyimpan Misteri!

Kategori :