Misi Pegasus 2023, Perancis Terbangkan 10 Jet Tempur Rafale ke Indo Pasifik

Kamis 29-06-2023,03:45 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Gusti

BACA JUGA:Jet Tempur TNI AU Ditempeli Dua Pucuk Senjata Baru, Mampu Membidik Target Darat 6.000 Meter

Setelah keterlibatan di negara-negara Asia Tenggara, kedua kelompok akan berpartisipasi dalam latihan multinasional ekstensif yang dipimpin oleh militer AS di Guam dan Palau dari 2 hingga 21 Juli 2023.

Selama periode ini, aset udara seperti A400M dan A330 MRTT akan dikerahkan untuk mendukung pasukan Perancis yang secara permanen ditempatkan di wilayah luar negeri Kaledonia Baru dan Polinesia Prancis untuk menjalankan berbagai misi.

Di tahapk akhir, yakni dari 24 Juli hingga 3 Agustus, Misi Pegasus 2023 akan melakukan persinggahan di Korea Selatan, Jepang, dan Indonesia. Setiap persinggahan akan melibatkan sesi pelatihan bersama dengan angkatan udara mitra.

Setelah menyelesaikan misi mereka, Misi Pegasus 2023 akan melakukan perjalanan pulang, melakukan perjalanan melalui Qatar dan Djibouti.

BACA JUGA:Fantastis, Indonesia Bayar US$2,3 Miliar Beli 18 Unit Rafale

Tujuan utama Misi Pegasus 2023 adalah untuk memperlihatkan kemampuan proyeksi kekuatan jarak jauh Perancis.

Dalam hal ini, Perancis menyoroti statusnya sebagai negara berdaulat di Indo Pasifik. Kementerian pertahanan Prancis menggarisbawahi komitmennya untuk menjaga kedaulatannya dan melindungi wilayahnya di kawasan Pasifik.

Dengan melalui kombinasi pasukan yang ditempatkan secara lokal. Dan proyeksi kekuatan reguler bekerja sama dengan negara-negara mitra.

Sebagai catatan, Wilayah kedaulatan Perancis di Pasifik terdiri dari beberapa wilayah seberang laut yang disebut sebagai “collectivités d’outre-mer” atau “teritori seberang laut” Perancis.

BACA JUGA:Luar Biasa, Jet Tempur F-16 Hasil Upgrade Perkuat Angkatan Udara Turki

Berikut adalah beberapa wilayah Perancis di Pasifik:

1. Polinesia Perancis (Polynésie française)

Polinesia Perancis terletak di tengah Samudra Pasifik dan terdiri dari sekitar 118 pulau. Wilayah ini mencakup kepulauan terkenal seperti Tahiti, Bora Bora, dan Moorea.

2. Kaledonia Baru (Nouvelle-Calédonie)

Kaledonia Baru terletak di sebelah timur laut Australia. Ini adalah teritori yang memiliki otonomi penuh di bawah kedaulatan Perancis. Wilayah ini juga dikenal karena kekayaan alamnya, termasuk terumbu karang yang indah dan keanekaragaman hayati yang tinggi.

Kategori :