Penasaran Dengan Kaitan Sunan Kudus dan Makam di Gunung Sumbing? Begini Ceritanya!

Sabtu 24-06-2023,09:19 WIB
Reporter : Edi
Editor : Edi

PAGARALAMPOS.COM - Cerita masa lampau tentang gunung sumbing ini sangat menarik untuk dibahas, sebab, selain menyajikan keindahan alam yang ada di sekitarnya, di gunung sumbing ini juga banyak terdapat cerita misteri yang sangat mengejutkan.

Seperti cerita tentang makam yang ada di kawah gunung sumbing ini, konon makam tersebut adalah makan seorang murid dari salahsatu sunan terkenal. 

Cerita dari masyarakat dan sejarah, jika makam di kawah gunung sumbing ini adalah murid dari sunan kudus, apakah cerita dan sejarah ini benar kenyataannya?

Jika kalian mau tau kebenarannya, langsung saja simak penjelasan lengkap dalam artikel yang membahas nama orang yang dimakamkan di kawah gunung sumbing serta apa kaitannya dengan sunan kudus seperti yang diceritakan banyak orang.

BACA JUGA:Apakah Hubungan Sunan Kudus Dengan Makam Di Gunung Sumbing? Ini Jawabannya!

Menjadi misteri lama, ternyata makam di kawah gunung Sumbing adalah makam dari seorang murid dari Sunan yang dimakamkan disana. 

Di balik keindahan Gunung Sumbing yang berada diantara Kabupaten Magelang, Temanggung dan Wonosobo ini menyimpan banyak sejarah serta hal mengejutkan bagi masyarakat sekitar. 

Salah satunya adalah dengan adanya sebuah makam yang terletak dikawah gunung.

Didapat dari berbagai kisah masyarakat, ternyata orang yang disemayamkan di makam itu adalah Ki Ageng Makukuhan.

BACA JUGA:Kerajaan Kecil Ini Tak Pernah Takluk Pada Majapahit HIngga Keruntuhannya Abad 16! Ini Nama Kerajaannya!

Ki Ageng disemayamkan di puncak Gunung Sumbing Di ujung timur di bawah tebing bebatuan.

Di lokasi makam terdapat sebatang pohon Endong Wulung dan sebatang lagi pohon Kecubung Wulung. Pohon itu sudah tumbuh bertahun – tahun dan menjadi tetenger ( tanda ) lokasi makam.

Seusai ziarah, mereka membawa pulang air belerang yang dipercayai bisa untuk menambah kekuatan badan. 

Ki Ageng Makukuhan merupakan murid Sunan Kudus dan Sunan Kalijaga. 

Kategori :