Tak Disangka! Ternyata Ini Penyebab Majapahit Gagal Taklukan Padjajaran

Sabtu 17-06-2023,19:00 WIB
Reporter : Sandi
Editor : Sandi

PAGARALAMPOS.COM - Kerajaan Majapahit adalah salah satu kerajaan terbesar pada abad ke-14. 

Kerajaan ini dikenal karena upayanya untuk menaklukkan Nusantara, Indonesia saat ini. Meski berhasil mempersatukan nusantara hingga Malaysia dan Filipina, Majapahit gagal menguasai Padjajaran. 

Lalu mengapa Majapahit tidak bisa menaklukkan kerajaan ini di sebelah barat pulau Jawa? Kerajaan Pajajaran sendiri merupakan nama lain dari Kerajaan Sunda. 

Pajajaran adalah nama ibu kota Pakua di Pajajaran. Kerajaan Sunda dan Majapahit memiliki hubungan politik yang baik. Penguasa Sunda Majapahit sama sekali tidak menerima pengakuan sebagai budak. 

BACA JUGA:Ratu Bulutangkis Dunia Jadi Fans Berat Carolina Marin, Karena Apa?

Wilayah Sunda, khususnya Kerajaan Sunda, merupakan wilayah yang unik bagi Majapahit. Tercatat Mahapatih Gajah Mada enggan menyerang secara militer.

Meski wilayah Sunda menjadi bagian dari cita-cita Gajah Mada, namun sumpahnya untuk mempersatukan Nusantara menjadi kenyataan. 

Sunda adalah kerajaan otonom yang bebas dan secara militer tidak cocok untuk ditaklukkan. Hal ini berdasarkan temuan prasasti abad ke-11 oleh Raja Sri Jayabhupati yang konon menyerupai Airlangga.

Konon raja-raja Sunda terus datang dari Jayabhupati yang terus berkerabat dengan penguasa Jawa Timur. 

BACA JUGA:Benarkah Pendiri Majapahit Keturunan Pajajaran, Sehingga Kerajaan Sunda Ini Tak Bisa Ditaklukkan

Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan yang pernah berdiri pada abad ke-13 hingga abad ke-16. Namun, ada juga yang menuliskan berdiri pada abad ke-14 hingga abad ke-15. 

Kerajaan Majapahit terletak dan berpusat di Jawa Timur, dan dianggap sebagai salah satu kerajaan terbesar di wilayah Asia Tenggara pada masa lalu.

Dalam catatan sejarah, Majapahit hampir menguasi seluruh daerah Nusantara pada masa itu.

Pendiri Majapahit, Raden Wijaya pada tahun 1293, yang merupakan menantu dari Kertanegara, raja terakhir Singasari.

BACA JUGA:Mantap Jiwa! Ini 4 Suku Diduga Keturunan Tionghoa, Benarkah Nggak?

Kategori :