Runtuh Pada Abad Ke-16, Ternyata Begini Kisah Kejayaan Majapahit yang Menguasai Berbagai Bidang

Kamis 15-06-2023,06:39 WIB
Reporter : Jukik
Editor : Jukik

PAGARALAMPOS.COM - Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan maritim terbesar dan paling berpengaruh di wilayah Nusantara pada abad ke-14 hingga abad ke-15. 

Pada masa kejayaannya, Kerajaan Majapahit memegang kendali atas wilayah yang meliputi sebagian besar Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan wilayah-wilayah sekitarnya. 

Puncak kejayaan Kerajaan Majapahit terjadi pada masa pemerintahan Hayam Wuruk yang memerintah dari tahun 1350 hingga 1389.

Di bawah kepemimpinan Hayam Wuruk, Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaannya secara politik, ekonomi, dan budaya.

BACA JUGA:Sampai Majapahit Runtuh Abad 16, Kerajaan Ini Tidak Juga Bisa Ditaklukan, Apakah kerajaan Itu?

Pemerintahannya didukung oleh Mahapatih Gajah Mada, seorang tokoh besar yang dikenal karena sumpah Palapa yang mengemukakan niat Majapahit untuk menguasai wilayah Nusantara.

Melalui serangkaian ekspedisi militer dan diplomasi, Kerajaan Majapahit berhasil menguasai dan mengintegrasikan banyak kerajaan-kerajaan di wilayah tersebut di bawah kekuasaannya.

Selama masa kejayaannya, Kerajaan Majapahit juga mencapai kemajuan dalam bidang seni dan budaya. Contohnya adalah arsitektur candi seperti Candi Singosari dan Candi Sukuh yang menjadi bukti kehebatan Majapahit dalam bidang seni bangunan. 

Selain itu, sastra juga berkembang pesat pada masa ini dengan adanya karya-karya sastra yang terkenal seperti "Nagarakretagama" yang ditulis oleh Mpu Prapanca, sebuah naskah yang menggambarkan kekuasaan dan kejayaan Majapahit.

BACA JUGA:Hebat, Kerajaan Padjadjaran Tidak Bisa Ditaklukan Majapahit, Sampai Ke Runtuhnya Di Abad 16 ?

Perekonomian Kerajaan Majapahit juga sangat kuat pada masa kejayaannya. Majapahit dikenal sebagai pusat perdagangan penting di wilayah Asia Tenggara.

Mereka mengendalikan jalur perdagangan rempah-rempah yang bernilai tinggi dan menjalin hubungan dagang dengan negara-negara lain seperti Cina, India, dan Arab. Kekuatan ekonomi ini memungkinkan Majapahit membangun kekuatan militer yang kuat dan melaksanakan ekspedisi militer untuk memperluas wilayah kekuasaannya.

Namun, puncak kejayaan Kerajaan Majapahit tidak bertahan lama setelah masa pemerintahan Hayam Wuruk. 

Setelah kematian Hayam Wuruk, kerajaan mengalami konflik suksesi dan berbagai perang saudara yang melemahkan kekuasaannya. 

BACA JUGA:Selain Miliki Keindahan Alam, Ini Hubungan Gunung Salak Dengan Prabu Wijaya

Kategori :