Kamu Harus Tau 8 Cara Ampuh untuk Mengobati Radang Lidah (Glossitis)

Minggu 04-06-2023,17:00 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

PAGARALAMPOS.COM - Lidah merupakan indra pengecap yang berperan dalam proses makan, seperti mengunyah, menelan, dan mengeluarkan air liur. 

Lidah yang sehat normalnya berwarna merah muda dan memiliki tekstur permukaan yang kasar karena adanya bintik-bintik kecil atau disebut dengan papila. 

Namun, terdapat suatu penyakit yang menyebabkan perubahan tekstur dan warna pada lidah. Penyakit ini disebut dengan glositis, yaitu bentuk peradangan lidah yang menyebabkan lidah membengkak, berubah warna, dan tampak berbeda.

Cara mengobati radang lidah (glositis) disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya. Berikut adalah berbagai cara yang bisa kamu pilih untuk mengobati radang lidah:

1. Hentikan Kebiasaan yang Menurunkan Kesehatan Lidah

Cara mengatasi radang lidah tidak melulu soal menjaga kebersihan mulut. Kamu pun sebaiknya menghindari berbagai kebiasaan buruk ketika mengalami kondisi ini.

BACA JUGA:5 Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

“Berbagai kebiasaan buruk untuk lidah meliputi merokok, mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan, atau keseringan mengonsumsi makanan dan minuman yang asam seperti tomat, jus jeruk, minuman bersoda, serta kopi”, ujar dr. Theresia.

Kebiasaan ini bisa membuat peradangan jadi lebih parah nantinya.

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih memiliki manfaat bagi tubuh secara keseluruhan, termasuk dalam menjaga kesehatan mulut. Oleh karena itu, salah satu cara menyembuhkan radang lidah adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih.

Selain air putih, kamu juga bisa minum jus buah yang menyegarkan. Jus buah dapat meningkatkan kelembapan lidah, mendorong asupan nutrisi agar tubuh dapat membantu perbaikan radang lidah jadi lebih cepat, dan mengatasi kondisi mulut kering.

BACA JUGA:Perlu Kamu Ketahui, ini Dia 8 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan Tubuh

3. Menghindari Pemicu

Guna mempercepat pemulihan kamu perlu menghindari pencetus dari glositis. Misalnya, peradangan pada lidah disebabkan oleh alergi makanan. Tentu, kamu harus menghindari konsumsi makanan penyebab alergi supaya gejalanya tidak bertambah parah.

Jadi, lebih berhati-hati dalam memilih makanan maupun minuman, ya. Pastikan selalu membaca label kemasan sebelum makanan atau minuman dikonsumsi.

Kategori :