BACA JUGA:Wamenparekraf: Event Jadi Magnet Promosi Pariwisata yang Sangat Ampuh
Cara ini juga sebagai langkah preventif untuk mencegah terjadinya mesin mogok atau terkunci. Apalagi, rantainya yang sangat berpotensi mengalami patah atau retak dan kendor.
Maka dari itu, pastikan bahwa rantai maupun v-belt masih dalam kondisi normal. Jika sudah usang, sebaiknya diganti dengan yang baru.
Ada Kotoran di Bagian Kepala Silinder
Selain itu, perlu Mas Sena sampaikan bahwa penyebab tarikan motor terasa berat, bisa dipengaruhi oleh adanya kotoran pada kepala silinder.
BACA JUGA:Wah! 5 Tempat Wisata di Singapura Ini, Wajib Dikunjungi Setidaknya Sekali Seumur Hidup!
Biasanya, kotoran maupun sisa kerak akibat dari proses pembakaran yang menyebabkan kepala silinder menjadi kotor.
Tak hanya itu saja, bahkan kondisi seperti ini juga sangat berpengaruh pada suhu mesin yang menjadi lebih panas. Sehingga, Anda perlu untuk mengecek dan membersihkannya secara rutin.
Untuk mengatasi kepala silinder yang kotor, harus membongkar bagian head untuk membersihkan kotoran atau kerak yang menempel pada bagian tersebut dengan menggunakan amplas kasar ataupun sekrap.
Jika kesulitan, Anda bisa meminta kepada tukang mekanik bersamaan ketika motor diservice rutin.