PAGARALAMPOS.COM - Saat ini promosi dan berjualan produk di media sosial sepertiLive streaming merupakan primadona sebagai cara untuk berjualan.
Nah, Metode ini bisa dicoba para pelaku UMKM untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan memajukan bisnisnya, terutama di meida sosial TikTok.
Vonny Ernita Susanto Incubation Lead TikTok Shop Indonesia mengunkapkan, TikTok saat ini adalah persimpangan antara commerce, konten yang menghibur, dan komunitas.
Kombinasi ketiganya menjadikan TikTok sebagai social commerce dan community commerce.
BACA JUGA:Wow, Kerugian Negara 8 T, Menkominfo Johnny G Plate Ditetapkan Tersangka Proyek BTS 4G
Dimana Sekarang ini social commerce sudah diminati pelaku UMKM karena bisa menjawab tiga kebutuhan utama bisnis, seperti promosi, berjualan, dan berinteraksi dengan konsumen.
Vonny menyampaikan dalam community commerce di TikTok, terdapat konsep shoppertainment yang memadukan hiburan dengan pengalaman belanja, salah satunya live streaming.
Konsep live streaming bisa jadi membingungkan pelaku UMKM yang baru berdagang di TikTok Shop.
Namun jangan khawatir, Vonny membeberkan tips agar penjual dapat membuat konten live streaming menarik untuk menyedot perhatian konsumen.
BACA JUGA:Indonesia vs Thailand : Laga Panas yang Menciptakan Sebuah Sejarah
1.Gandeng host yang mengenal product knowledge
Penjual sebaiknya memiliki host yang memahami produk yang dijual dan cara melakukan live streaming dengan benar.
Jika pelaku UMKM sudah memiliki host namun belum berpengalaman, ada tim di TikTok yang akan memberikan pelatihan.
"Tim saya ini setiap dua kali sebulan melakukan host academy, kita beri pelatihan untuk semua penjual di TikTok Shop agar bisa gabung dan kita ajari langkah-langkahnya," kata Vonny dalam diskusi di Jakarta, Selasa 16 Mei 2023.
BACA JUGA:SERU! Ini 5 Wisata Air di Lubuklinggau, Cocok Buat Uji Andrenaline Juga