Ini 7 Tips Biar Mobil Hemat BBM, Simak Penjelasannya Disini

Senin 25-09-2023,13:14 WIB
Reporter : Edi
Editor : Edi

 

Bila kondisinya sudah memang demikian adanya maka disarankan untuk membersihkan filter udara setiap 2.000-3.000 km atau ganti jika pemakaiannya sudah terlalu lama.

Dari berbagai langkah tips menjaga agar mobil hemat BBM di atas, Anda pastinya sudah bisa mengenali bagaimana langkah yang tepat untuk memastikan bahwa konsumsi bahan bakar mobil Anda tetap hemat dan efisien.

BACA JUGA:Dorong Pengembangan Infrastruktur Penunjang Pariwisata di Labuan Bajo Melalui KTT ASEAN 2023

Pastikan Tekanan Ban Ideal

Di sisi lain, tekanan ban pada mobil juga sangat berpengaruh pada tingkat konsumsi bahan bakar atau BBM.

Dikarenakan adanya perputaran pada roda ban maka permukaan ban yang menapak pada permukaan medan jalan, secara otomatis akan menopang berat kendaraan tersebut

Nah, bilamana tekanan angin pada ban kurang atau kempes maka berakibat pada tahanan gulir yang kian membesar. Ini tentu akan mengakibatkan pemborosan bahan bakar.

BACA JUGA:Mari Menjelajah, Jangan Lewatkan 8 Tempat Wisata Religi di Bali yang Wajib Banget Kamu Kunjungi

Perlu disampaikan bahwa secara natural, tekanan angin pada ban akan mengalami penyusutan atau berkurang 2 psi setiap bulan rata-rata pada ban, dipakai atau tidak karena sifat kompon karet yang berpori.

Dengan demikian, akan lebih baik jika Anda rutin untuk selalu memeriksa atau mengecek kondisi tekanan angin pada ban terpakai ataupun cadangan di bagasi.

Itulah beberapa tips untuk menghemat BBM, semoga informasi ini bermanfaat. *

Kategori :