Mesin Motor Anda Bergetar! Ini Tips Cara Mengatasinya

Sabtu 13-05-2023,21:01 WIB
Reporter : Edi
Editor : Edi

Mesin Motor Anda Bergetar! Ini Tips Cara Mengatasinya

  PAGARALAMPOS.COM - Mesin motor yang bergetar pastinya mengurangi kenyamanan berkendara anda.   Oleh sebab itu, anda harus melakukan perawatan rutin yang tepat supaya ferforma motor kesayangan anda tetap terjaga, serta kendala getaran pada mesin dapat dihindarkan.    Nah, bagi anda yang masih bingung bisa mencoba beberapa tips versi pagaralampos.disway.id yang di lansir dari berbagai sumber.    Tips Mengurangi Getaran Mesin Motor BACA JUGA:Mari Menjelajah, Jangan Lewatkan 8 Tempat Wisata Religi di Bali yang Wajib Banget Kamu Kunjungi Ganti Kampas Kopling
Sebagaimana yang diulas di atas, salah satu yang jadi penyebab getaran mesin motor adalah dikarenakan kampas kopling yang sudah mulai tipis atau aus.
Bilamana kampas kopling ini aus sudah jelas akan berpengaruh pada sistem transmisi saat motor dilajukan.
Dengan kata lain, saat mesin melaju maka kopling akan turut bekerja menyesuaikan dari kecepatan tarikan gas. BACA JUGA:Liburan Sambil Berburu Batik? Siapa Takut! Ini 4 Rekomendasi Wisata Batik di Pekalongan
Jika kampas kopling aus maka akan memicu gesekan di bagian transmisi.   Dari gesekan ini lah yang membuat mesin motor terasa bergetar.
Maka dari itu, solusi tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan penggantian pada kampas kopling itu sendiri.
Gunakan kampas kopling yang original sesuai rekomendasi pabrik agar tetap awet dan presisi sehingga tidak akan mudah mengalami keausan saat nantinya dipasang pada motor Anda. BACA JUGA:5 Rekomendasi Wisata Air di Pekalongan Yang Tak Kalah Keren!
Rutin Ganti Oli Mesin
Sangat jelas dan tak bisa ditawar lagi bahwa oli merupakan komponen penting dalam soal permesinan motor.  
Karena, tugas dan perannya sebagai pelumas mesin untuk mencegah terjadinya goresan antar komponen mesin.
Dengan begitu maka sudah barang tentu Anda harus selalu mengontrol kondisi daripada oli mesin pada motor. BACA JUGA:Ini 6 Rekomendasi Wisata Pekalongan, Salahsatunya Memiliki Keindahan yang Eksostis
Ganti lah oli yang sudah mulai berubah struktur dan bau cairannya. Ini menandakan bahwa kualitas oli dalam melumasi mesin sudah menurun. Gunakan oli mesin yang benar-benar direkomendasikan sesuai dengan spesifikasi mesin itu sendiri.
Tak sampai di situ saja, selain sebagai pelumas, tentu saja oli mesin di sini berperan penting dalam menjaga kesejukan suhu di dalam ruang mesin.
Mengingat, bila suhu dalam mesin mengalami kenaikan, secara tak langsung juga akan memicu terjadinya getaran mesin karena ada pemuaian dalam sistem ruang pembakaran.
Di sisi lain, sebaiknya Anda juga perlu untuk selalu mengecek volume oli rutin. Karena, terkadang beberapa kondisi tertentu, oli mesin bisa berkurang sewaktu-waktu. BACA JUGA:Murah Banget! Ini 6 Rekomendasi Wisata di Singapura, Salahsatunya Seperti di Eropa
Jika demikian, Anda hanya perlu menambahkan oli mesin sampai pada batas stik indikator pada bagian ruang oli motor.
Nah, selain dari beberapa langkah di atas, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir getaran pada mesin motor adalah dengan rutin mengecek cairan radiator coolant.
Karena, cairan ini berperan penting sebagai pendingin daripada ruang permesinan pada motor Anda.   Penggunaan cairan yang tepat dan selalu dalam kondisi full, akan mengurangi suhu mesin sekaligus meredam getaran yang panas saat mesin beroperasi. BACA JUGA:Anda Mau Liburan? Yuk Cek, Ini 5 Rekomendasi Wisata di Malaysia yang Paling Hits dan Terkenal
Meski tidak terlalu terkait namun hal ini jangan sampai Anda hiraukan begitu saja. Setidaknya, bisa mengurangi dampak dari suhu mesin yang panas.
Cek Kondisi Sistem Transmisi pada Motor
Terkhusus motor matic, tentu saja pengecekan pada sistem transmisi harus selalu dilakukan secara rutin.
Hal ini tentu saja merupakan salah satu upaya dalam menjaga atau mencegah terjadinya masalah yang sering bersumber dari sistem transmisi yang tidak berjalan sebagaimana mestinya.
Jika memang diyakini masalah getaran mesin motor memang berasal dari bagian transmisi CVT ini maka sangat disarankan untuk mengendarai motor dalam mode kecepatan secara bertahap. BACA JUGA:Wajib Diketahui! Ini 4 Tempat Wisata Ziarah di Banten yang Paling Populer dan Terkenal
Hal ini ditujukan guna mengurangi dampak gesekan pada sistem transmisi saat motor dijalankan. Mengingat saat motor jalan, sudah barang tentu mesin akan bergerak lebih cepat dari biasanya yang mana bila digas secara cepat justru akan membuat transmisi terbebani.
Nah, untuk mengatasi hal tersebut, harus ada pengecekan satu per satu dalam rangkaian sistem transmisi CVT ini guna mengetahui dimana letak masalahnya agar bisa segera diperbaiki.   Itulah beberapa tips tentang cara mengurangi getaran pada mesin motor, semoga informasi ini bermanfaat. *
Kategori :