Tak Mesti Mahal! Ini 3 Tips Memilih Helm Aman dan Nyaman

Jumat 05-05-2023,20:00 WIB
Reporter : Edi
Editor : Edi

PAGARALAMPOS.COM - Untuk mendapatkan helm yang aman dan nyaman pastinya kita harus merogoh kocek cukup dalam. Nah, jika begitu, pastinya tak semua orang atau pengendara motor bisa mendapatkannya, karena itu, kita akan memberikan tips atau cara untuk mendapatkan helm yang aman dan nyaman tanpa mahal, ini 3 tips nya versi pagaralampos.disway.id yang dilansir dari berbagai sumber.

BACA JUGA:TOP 5 Tempat Wisata Palembang Paling Sering Dikunjungi Menjadi alat keselamatan terpenting ketika berkendara menggunakan sepeda motor, membuat helm menjadi peranti penting bagi pengendara. Akan tetapi cukup disesalkan banyak pengendara motor yang tidak begitu memperhatikan akan kualitas helm saat hendak melakukan pembelian.   Tak harus memiliki harga yang selangit, kriteria paling mendasar ketika detikers ingin memiliki dan membeli helm adalah pastikan telah berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia).  

Tapi tidak cukup dengan adanya label SNI saja, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih helm yang akan kita kenakan saat menunggangi sepeda motor. Simak ulasannya berikut ini:

Sesuaikan jenis helm berdasarkan kebutuhan
BACA JUGA:Memukau! Ini 6 Wisata di Lahat Yang Lagi Populer 2023, Benarkah ada Green Canyon?
Secara garis besar, jenis helm yang dijual bebas di pasaran terbagi atas dua jenis, yakni helm full face dan half face. Namun, jika diulik lebih dalam maka masih banyak jenis helm yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri.

Dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, bagi Kamu yang hanya menggunakan sepeda motor di dalam kota dengan kecepatan standar, maka helm half face bisa jadi pilihan utama. Namun apabila Kamu biasa melakukan perjalanan jauh dan biasa berkendara menggunakan motor berkecepatan tinggi, maka helm full face adalah pilihan paling tepat.

Periksa kualitas tali pengikat

Helm yang sudah berstandar SNI tentunya akan dilengkapi tali pengikat yang berfungsi untuk mengencangkan helm anda agar tidak mudah terlepas dari kepala. Namun, kita juga perlu memperhatikan kualitas dari tali pengikat tersebut.
BACA JUGA:Bikin Ngiler! Ini 5 Rekomendasi Kuliner Terbaik Saat Berwisata Ke Palembang
Pastikan Kamu memilih helm dengan tali pengikat yang kuat dan tidak mudah lepas tapi mudah dikuncikan. Selain itu, cari lah tali pengikat helm yang panjangnya bisa disesuaikan agar nantinya tidak mencekik atau bahkan terlalu longgar.   Tentukan ukuran yang pas

Seperti yang kita ketahui, bahwa helm memiliki ragam ukurannya di pasaran, mulai dari S, M, L, hingga XL. Lalu bagaimana cara kita menentukan ukuran helm yang tepat?

Berdasarkan laman National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), helm dengan ukuran yang tepat akan terasa sedikit ketat dengan tekanan yang merata di sekitar kepala, tapi rasa tekanan ini tidak sampai menimbulkan rasa pusing. Selain itu, ketika kita menggelengkan kepala, maka seharusnya helm tidak akan bergerak. BACA JUGA:Mana yang Paling Berbahaya? Ini 5 Destinasi Wisata Ekstrem di Indonesia Tentukan jenis visor yang tepat

Pada dasarnya visor atau kaca pelindung pada helm memiliki peran yang penting dalam melindungi pengendara dari terpaan angin hingga benda-benda yang dapat menyasar wajah pengendara. Saat ini visor sendiri adanya sifatnya transparan dan juga berwarna gelap.

Dilansir dari laman resmi Astra Honda Motor, jenis visor pada helm sangat mempengaruhi jarak pandang kita saat berkendara di siang maupun malam hari. Visor gelap memang bisa melindungi kita dari paparan cahaya yang berlebihan, namun apabila digunakan pada saat malam hari akan sangat berbahaya.

Atas permasalahan tersebut, maka visor ganda yang banyak beredar di pasaran menjadi pilihan terbaik dalam pemilihan helm yang cocok untuk menemani kita berkendara baik di siang maupun malam hari. *

Kategori :