Pasca KKB Serang Prajurit di Nduga, Ada Apa Dibalik Mutasi 5 Perwira Tinggi TNI di Papua

Jumat 05-05-2023,05:45 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Gusti

 

JAKARTA, PAGARALAMPOS.COM - Lima perwira tinggi di wilayah Papua dimutasi oleh Panglima TNI Laksmana Yudo Margono.

Pergeseran pejabat utama ada yang sekelas bintang dua tersebut, apakah imbas terkait penyerangan kelompok kriminal bersenjata kepada 36 prajurit beberapa waktu lalu di Nduga, Papua Pegunungan pada, Sabtu tanggal 15 April lalu.

Yang jelas, penelusuran dari beberapa sumber, mutasi dilakukan Panglima 12 hari setelah penyerangan. 

Keputusan mutasi ini tertuang dalam Keputusan Panglima TNI nomor Kep/426/IV/2023 dan diteken Yudo pada 27 April 2023 lalu.

BACA JUGA:BRAVO TNI! Pasukan Raider 305 Tengkorak Berhasil Tembus Pertahanan KKB di Intan Jaya Papua

Lima perwira tinggi TNI yang dimutasi di wilayah Papua adalah Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan III), Pangdam XVII/Cenderawasih, Kas Kogabwilhan III, Pangkoarmada III hingga Danrem 172/Praja Wira Yudha.

Pangkogabwilhan III yang sebelumnya dijabat Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, kini diserahkan ke Mayjen TNI Agus Suhardi yang tadinya menjabat sebagai Asops Panglima TNI. Sementara, I Nyoman Cantiasa kini ditugaskan sebagai Koorsahli Kasad.

Pangdam XVII/Cenderawasih juga diganti dan kini dijabat oleh Mayjen Izak Pangemanan. Izak menggantikan Mayjen Saleh Mustafa yang dimutasi sebagai Pa Sahli Tk. III KSAD Bid Sosbudkum HAM dan Narkoba.

Pangkoarmada III yang sebelumnya dijabat Laksda Agus Hariadi kini diserahkan ke Laksda Rachmad Jayadi. Laksda Agus Hariadi dipromosikan menjadi Staf Khusus Kasal.

BACA JUGA:MIRIS! KKB Ngemis Minta Barter Pilot dengan Uang dan Senjata, Netizen: Gempur Saja

Kemudian Kas Kogabwilhan III kini dijabat oleh Marsekal Pertama Budhi Achmadi yang menggantikan Mayjen Izak yang promosi menjadi Pangdam XVII.

Panglima TNI juga mengganti Danrem 172/Praja Wira Yudha. Jabatan itu kini diemban Kolonel Inf Dedi Hardono yang menggantikan Brigjen TNI Juinta Omboh Sembiring.

Untuk diketahui, Markas Kogabwilhan III berkedudukan di Timika, Papua dengan wilayah kerja meliputi:

Darat: Kepulauan Maluku dan Pulau Papua. Laut: Perairan di sekitar Kepulauan Maluku, Pulau Papua dan ALKI-3b beserta perairan sekitarnya. Udara: Wilayah di atas Kepulauan Maluku, Pulau Papua dan ALKI-3b beserta perairan sekitarnya.

Kategori :