Kenali Faktor Penyebab dan Jenis Makanan yang Dapat Picu Kanker Usus

Minggu 16-04-2023,02:15 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

Makanan penyebab kanker usus besar berikutnya adalah makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi seperti daging babi dan beberapa makanan olahan. Beberapa pakar menyarankan lemak tak jenuh tunggal yang sehat seperti minyak zaitun, minyak canola, dan asam lemak omega-3, dapat dimasukan dalam diet kanker usus besar. 

7. Makanan yang Dipanggang dan Digoreng 

Suhu tinggi saat pemanggangan menghasilkan heterocyclic aromatic amines yang menyebabkan kanker dan polycyclic aromatic hydrocarbons yang bersifat karsinogenik. Besi dan arang adalah agen penyebab kanker.

BACA JUGA:Waspada, 5 Penyakit yang Kerap Terjadi Setelah Lebaran

Selain itu, gorengan termasuk makanan bertepung yang diolah dengan suhu tinggi dan dapat menghasilkan senyawa akrilamida yang bersifat karsinogenik (memicu kanker).  

8. Daging Olahan dan yang Diawetkan 

World Health Organization (WHO) sudah mengklasifikasikan daging olahan sebagai karsinogen sehingga harus dibatasi konsumsinya.

Sementara daging yang diawetkan mengandung bahan kimia yang tidak ramah pada lapisan usus. Penderita usus besar memiliki kondisi yang lebih sensitif, dan mengonsumsi daging ini hanya memperburuk gejala yang sudah dialami.  

Kategori :