Tips Mengatasi Diare yang Dapat Dilakukan di Rumah

Sabtu 15-04-2023,12:06 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

Jika Anda hanya mengalami diare ringan, Anda dapat menggunakan cara mengatasi diare berikut ini:

1. Mengonsumsi Probiotik

Cara mengatasi diare yang berikutnya adalah dengan mengonsumsi probiotik. Probiotik tidak hanya bisa didapatkan dari makanan tertentu, seperti yogurt. Akan tetapi, probiotik dapat juga dibeli dalam kemasan kapsul atau cairan.

BACA JUGA:7 Street Food Paling Unik dari Berbagai Negara di Dunia

Probiotik dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus. Namun, efektivitas dari probiotik sebagai cara menangani diare masih perlu untuk diteliti lebih lanjut.

2. Meminum Banyak Cairan

Diare dapat menyebabkan dehidrasi dan oleh karenanya penting bagi Anda untuk terus mengganti cairan tubuh yang hilang. Anda dapat meminum air mineral, kuah ayam tanpa lemak, teh dengan madu, minuman isotonik, oralit, dan sebagainya.

Sebaiknya Anda meminum cairan sebelum atau sesudah makan. Anda perlu untuk minum setidaknya 8-12 cangkir air per hari saat sedang sakit.

3. Mengonsumsi Makanan yang Tidak Terlalu Padat dan Rendah Serat

Cara mengatasi diare dapat dimulai dengan tidak memperparah gejala diare. Anda dapat mengonsumsi makanan yang tidak terlalu padat dan rendah serat, seperti nasi, pisang, biskuit krakers, telur, ayam, roti yang dipanggang, kentang, dan sebagainya.

BACA JUGA:Penuh Cerita Mistis, Ini 7 Desa Paling Angker di Indonesia

Konsumsi makanan tersebut sampai kondisi pencernaan normal kembali. Selama beberapa hari, Anda juga harus menghindari sayuran mentah, kacang-kacangan, kubis, kopi, alkohol, minuman bersoda, makanan yang mengandung susu, berbumbu, tinggi serat, dan berlemak atau digoreng.

4. Mengonsumsi Obat Anti-Diare

Mengonsumsi obat adalah salah satu cara mengatasi diare yang paling umum dilakukan. Anda tidak perlu khawatir karena obat anti-diare dapat ditemukan di berbagai tempat. Obat anti-diare hanya membantu untuk mengontrol frekuensi buang air besar.

Oleh karenanya, jika diare disebabkan oleh infeksi atau kondisi medis tertentu, obat anti-diare dapat memperparah infeksi atau kondisi medis yang dialami. Sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi ke dokter agar dapat mengatasi gangguan atau penyakit yang menyebabkan diare.(*)

Kategori :