5 Jembatan yang Dijadikan Destinasi Wisata di Indonesia

Rabu 19-04-2023,03:00 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

PAGARALAMPOS.COM - Menjadi negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak sekali struktur-struktur jembatan yang menghubungkan berbagai wilayah yang ada di Indonesia. 

Tak hanya berfungsi sebagai penghubung, berbagai jembatan di Indonesia juga memiliki desain struktur yang megah sehingga tak jarang menjadi ikon dan landmark dari daerah tersebut.

Penasaran seperti apa jembatan-jembatan populer yang ada di Indonesia? Berikut ulasan berbagai jembatan di Indonesia yang dijadikan destinasi wisata 

1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera sangat terkenal dibanding jembatan lainnya di Indonesia. Jembatan ini terbentang luas di atas Sungai Musi dan menjadi ikon kota Palembang. Jembatan Ampera Dibangun dengan biaya yang diambil dari perampasan perang Jepang dan merupakan bukti kemenangan Indonesia atas Jepang.

BACA JUGA:5 Destinasi Wisata yang Populer di Purwodadi

Saat malam, Jembatan Ampera jadi daya tarik bagi para wisatawan. Hal tersebut karena Jembatan ini dihiasi warna-warni lampu unik yang dapat berubah setiap beberapa detik sekali.

Di sudut Hilir dan sudut Hulu ada pula taman yang menghiasi kedua sudut Jembatan Ampera. Hal tersebut membuat jembatan ini semakin ramai dikunjungi sebagai destinasi wisata untuk bersantai dan berfoto.

2. Jembatan Merah Putih

Jembatan Merah Putih berada di Teluk Dalam Ambon, Maluku. Jembatan ini memiliki panjang 1.140 meter di atas Telok Ambon dan jadi yang terpanjang di Indonesia bagian timur.

Jembatan ini menghubungkan antara Ambon Utara dan Ambon Selatan. Jembatan ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang memukau mata. Menjelang malam, lampu-lampu perkotaan menambah pesona jembatan merah putih.

BACA JUGA: Pantai Pangubayan Bengkulu, Wisata Laut Wajib Masuk List Liburan Akhir Pekan!

3. Jembatan Barelang

Jembatan Tengku Fisabilillah (Jembatan Barelang) menjelma sebagai ikon Batam. Jembatan ini memiliki panjang 2.264 meter dan memiliki desain yang megah. Sepintas mirip dengan Golden Gate di San Fransisco, Amerika, jembatan ini ramai dikunjungi.

Magnet utama jembatan ini adalah panorama alam serta hamparan laut yang luas. Pemandangan matahari terbenam di jembatan ini juga menakjubkan.

Kategori :