Akhirnya, Jalan Tol Simpang Indralaya-Prabumulih Bakal Dibuka 15 April 2023

Minggu 02-04-2023,14:33 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

PAGARALAMPOS.COM - Jalan Tol Indralaya-Prabumulih mulai dikerjakan sejak Juli 2019, dan memiliki main road sepanjang 65 km. Tol Indralaya–Prabumulih nantinya akan menjadi bagian dari ruas Tol Indralaya–Muara Enim di Sumatra Selatan yang terbentang sepanjang 119 km.

Jalan tol ini memiliki 1 gerbang tol, 2 simpang susun, dan 20 jembatan, dan direncanakan memiliki 1 rest area. Pada beberapa area di Jalan Tol Indralaya-Prabumulih juga sudah dilakukan proses soil improvement.       

Kecepatan rencana pada tol ini yakni 100 km/jam.

Ruas jalan tol Simpang Indralaya-Prabumulih bakal dibuka secara fungsional untuk menyambut para pemudik di hari raya Idul Fitri nanti.

Saat ini pengerjaan tol Simpang Indralaya - Prabumulih sudah mencapai 90,38 persen.

BACA JUGA:Mengalahkan Malas Selama Ramadan, Cara Efektif untuk Tetap Semangat Beribadah

Menurut Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero), Koentjoro dalam waktu dekat perusahaan akan merampung proyek yang termasuk dalam ruas tol tahap 1 simpang Indralaya - Muara Enim.

“Kami juga akan merampungkan Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 5 (Blang Bintang - Kuto Baro) dan Seksi 6 (Kuto Baro - Simpang Baitussalam),” katanya, Jumat, 17 Februari 2023.

Sementara progres pembebasan lahan dari ketiga ruas ini rata-rata sudah mencapai lebih dari 97 persen, sehingga diperkirakan bisa selesai tepat waktu. 

Pembangunan Jalan Tol Indralaya - Prabumulih sejauh 64,5 km, mulai dilakukan oleh anak usaha Hutama Karya yaitu PT HK Infrastruktur (HKI) sejak Juli 2019.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Gula Rendah Kalori, Cocok Untuk Diet dan Diabetes

Ruas tol ini dilengkapi sejumlah struktur dan fasilitas pendukung diantaranya 8 overpass, 18 jembatan, 10 box underpass, 2 simpang susun, 1 rest area dan 1 gerbang tol. 

Sebagai informasi, sesuai arahan pemerintah, untuk pengerjaan ruas feeder diantaranya Jalan Tol Muara Enim - Lahat - Lubuk Linggau sepanjang 111,85 km pembangunan infrastrukturnya akan dilanjutkan pada tahap 4, sesuai PERPRES No. 131 Tahun 2022.

Menurut Koentjoro, apabila pengerjaan konstruksi dan proses pembebasan lahan tidak ada hambatan ketiga ruas tol ini diharapkan dapat dibuka secara fungsional pada saat Mudik mendatang(*)

Kategori :