8 Kuliner Legendaris di Kota Solo, Salah Satunya Tempat Langganan Jokowi

Jumat 31-03-2023,14:49 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

Terdapat dua pilihan menu di Soto Gading, yaitu soto ayam dan soto sapi. Sementara untuk pendamping, terdapat banyak pilihan lauk pelengkap seperti tempe goreng, tahu goreng, sosis solo, sate babat, sate usus, sate kerang, paru sapi, sate telur puyuh, sate uritan, sate kikil, kerupuk, dan bakwan.

BACA JUGA:Catat! Ini Rekomendasi 7 Villa di Kota Pagaralam Beserta Nomor Telepon

Alamat: Soto Gading 1 Jalan Brigjen Sudiarto No.75, Surakarta. Jam buka: pukul 06.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

4. Warung Sate Kambing Mbok Galak 

Warung Sate Kambing Mbok Galak yang sudah ada sejak 1980 juga menjadi salah satu lokasi wisata kuliner yang kerap dikunjungi para pejabat. Salah satu menu khas Warung Sate Kambing Mbok Galak adalah sate buntel yang sekilas mirip dengan sate lilit khas Bali.

Sate buntel adalah sate dari daging cincang yang ditusuk dan dibungkus dengan lemak kambing kemudian dibakar. Disajikan dengan kecap manis dan nasi panas, kuliner sate ini memang memiliki rasa yang menggoda selera.

Alamat: Jalan Mangun Sarkoro No. 122, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jam buka: pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. 

5. Nasi Liwet Wongso Lemu 

Nasi Liwet Wongso Lemu adalah kuliner malam legendaris di Kota Solo. Bahkan untuk menikmatinya, pengunjung harus bersabar karena warung ini selalu memiliki antrean panjang karena ramai pembeli. Nasi hangat yang dimasak dengan santan terasa gurih, dipadukan dengan sayur labu siam, suwiran opor ayam, dan areh santan. Pengunjung juga bisa memilih lauk tambahan seperti dada ayam, paha ayam, ati ampela, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:Biaya liburan ke Kota Pagaralam, Tidak Bikin Kantong Kering!

Alamat: Jl. Teuku Umar, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta Jam buka: pukul 16.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB. 

6. Ayam Goreng Mbah Karto 

Ayam Goreng Mbah Karto menyajikan ayam goreng dengan cita rasa yang khas dan disebut tidak berubah sejak tahun 1960-an. Dengan menu andalan ayam goreng kampung, kuliner ini disajikan dengan nasi hangat dan sambal blondho.

Bumbu ayam goreng yang meresap dengan baik dan potongan ayam dengan daging yang empuk membuat warung ini tak pernah sepi pembeli.

Alamat: Jalan Jaksa Agung Raya Suprapto No. 8, Gabusan, Jombor, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo. Jam buka: pukul 07.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

7. Lenjongan 

Kategori :