Cegah Dehidrasi Selama Berpuasa, ini 5 Pilihan Minuman yang Baik untuk Dikonsumsi

Sabtu 25-03-2023,11:19 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

Jus buah sebaiknya tak perlu diberi tambahan gula, sebab buah sudah memiliki pemanis alami. Selain itu, hindari mengonsumsi jus buah lebih dari 150 ml per hari. Pasalnya, saat dijus, gula alami pada buah berubah bentuk menjadi free sugar (gula bebas) dan berisiko menyebabkan kerusakan gigi jika diminum berlebihan.

5. Susu tanpa gula tambahan

Susu adalah sumber kalsium, natrium, dan kalium yang dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi. Susu juga mengandung karbohidrat yang diketahui mampu membuat tubuh tetap berenergi.

BACA JUGA:Puasa Bikin Susah Fokus? Yuk Simak Fakta dan Tips Jaga Fokus Saat Puasa

Meski begitu, sebelum dikonsumsi secara teratur untuk mencegah dehidrasi, perhatikan jumlah susu yang diminum. Secangkir susu umumnya mengandung sekitar 150 kalori. Jadi, sesuaikanlah jumlah susu yang diminum dengan kebutuhan kalori harianmu.

Selain beberapa pilihan di atas, jenis minuman lain, seperti air Zamzam dan air nabeez, juga baik dikonsumsu untuk mencegah dehidrasi selama puasa.

Itulah pilihan minuman yang bisa mencegah dehidrasi saat puasa. Selain mengonsumsi minuman di atas, pastikan kamu juga mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang lainnya, tidur yang cukup, dan rutin berolahraga supaya kamu tetap berenergi dan bugar saat puasa.

Sebaiknya hindari konsumsi minuman bersoda serta minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan minuman berenergi, di waktu sahur. Pasalnya, minuman jenis ini dapat membuatmu lebih sering buang air kecil dan justru meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi.

BACA JUGA:5 Amalan Sunnah Baik Dikerjakan Untuk Hari Jumat

Jika kamu ragu untuk mengonsumsi minuman-minuman di atas atau punya kondisi medis tertentu, diskusikan dengan dokter tentang pilihan makanan dan minuman yang sebaiknya kamu konsumsi selama berpuasa, ya.(*)

Kategori :