Waspada! 4 Penyakit ini Rentan Terjadi Ketika Berpuasa

Kamis 23-03-2023,12:11 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

Pilih juga jenis makanan untuk berbuka dan sahur yang bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil, misalnya nasi merah, oatmeal, dan kentang yang kaya akan karbohidrat kompleks.

3. Sembelit

Sembelit saat puasa bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti kurangnya asupan serat, kurang beraktivitas fisik, atau kebutuhan cairan tubuh yang tidak terpenuhi dengan baik.

BACA JUGA:7 Tips Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat Kamu

Sembelit atau sulit BAB saat puasa ini biasanya disertai dengan tinja yang menjadi keras dan perut terasa penuh atau begah. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, sembelit yang tidak ditangani dengan baik juga bisa meningkatkan risiko terjadinya ambeien.

Untuk mencegahnya, kamu perlu mencukupi kebutuhan cairan harian, rutin berolahraga, serta konsumsi makanan pelancar BAB di waktu berbuka puasa dan sahur, seperti buah dan sayur.

4. Gangguan pencernaan

Makanan manis dan berminyak yang sering disajikan sebagai hidangan berbuka atau sahur memang bisa memanjakan lidah. Namun, jenis makanan ini dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan pencernaan, seperti perut kembung dan sakit perut.

Selain pemilihan jenis makanan yang salah, kebiasaan melewatkan waktu makan sahur atau langsung tidur setelah makan sahur juga turut berperan dalam meningkatkan risiko naiknya asam lambung.

BACA JUGA:5 Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Guna mencegahnya, kamu dianjurkan untuk tidak melewatkan makan sahur dan menghindari kebiasaan langsung tidur setelah santap sahur. Selain itu, konsumsilah makanan bergizi seimbang dan baik untuk pencernaan, seperti sayur, buah, ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

Bila dilakukan dengan benar, puasa bukan hanya akan berjalan lancar, tapi juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Namun, bila selama berpuasa kamu mengalami keluhan kesehatan tertentu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.(*)

Kategori :