Tingkatkan Pelayanan, PT Timah Tbk Gelar Simulasi Pelaporan SPT

Selasa 14-02-2023,10:52 WIB
Reporter : Bodok
Editor : Bodok

PANGKALPINANG, PAGARALAMPOS.COM - Ratusan karyawan PT Timah Tbk mengikuti Edukasi Perpajakan yang dilaksanakan oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pangkalpinang di Graha Timah Pangkalpinang. 

Edukasi perpajakan tentang Pemadanan NIK-NPWP, Pelapor SPT Tahunan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2022 Tentang Penyesuaian Pengaturan di Bidang Pajak Penghasilan. 

Selain melakukan edukasi juga digelar simulasi pemadanan data dan pelaporan SPT Tahunan yang bisa dilakukan para karyawan. 

Kepala Kantor KPP Pangkalpinang, Muchammad Arifin mengatakan pihaknya terus melakukan reformasi perpajakan. Kegiatan ini juga sebagai sarana edukasi agar karyawan PT Timah bisa mendaptkan informasi yang valid tentang perpajakan. 

BACA JUGA:Seminggu Polda Sumsel Amankan 38 Tersangka Narkoba, 3 kg Sabu Jadi Barang Bukti

“Banyak informasi beredar di media sosial, seperti setiap yang punya NIK bakal dipajakin. Padahalkan enggak begitu dengan adanya edukasi ini kami berharap karyawan Timah mendapatkan informasi yang benar,” katanya

Pemadanan NIK-NPWP sendiri bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak dalam administrasi perpajakan dengan menggunakan identitas tunggal.

Pemadanan NIK-NPWP merupakan upaya mendukung gerakan pemerintah yakni satu data Indonesia untuk semua keperluan warga negara.

“Per 1 Januari 2024 seluruh fasilitas perpajakan hak dan kewajiban dilaksanakan dengan menggunakan NPWP. Jika itu tidak divalidkan hingga 1 Januari 2024 bisa mengganggu layanan perpajakan seperti pemotongan pph yang lebih besar,” jelasnya.

BACA JUGA:Menderita Stroke dan Kaki Kanan Di Amputasi

Ia berharap pegawai BUMN khususnya PT Timah  menjadi pionir dalam pemanfaatan NIK menjadi NPWP.

Edukasi ini juga dihadiri oleh Direktur SDM PT Timah Tbk, Yennita, para Kepala Divisi di Lingkungan PT Timah Tbk dan karyawan. 

"Terima kasih atas edukasi yang diberikan KPP Pratama Pangkalpinang semoga ini nantinya memberikan pencerahan bagi kita semua tentang perpajakan," kata Yennita. 

Menurutnya, Insan Timah juga harus segera melakukan pemadanan NIK-NPWP agar proses perpajakan bisa berjalan lancar. 

"Ini masa-masa kita membuat SPT, ini penting untuk kita simak. Ngisi SPT satu tahun sekali dan mungkin ini kita lupa. Manfaatkan kesempatan ini, karena berdampak kepentingan perusahaan dan pribadi," pesannya.

Kategori :