Siapkan Standarisasi Pelayanan, Dirjen PHU: Petugas Haji Wajib Miliki Sikap Ramah Lansia

Sabtu 11-02-2023,09:35 WIB
Reporter : kemenag.go.id
Editor : dwi

JAKARTA, PAGRALAMPOS.COM - Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Hilman Latief mewajibkan seluruh petugas haji bersikap ramah dengan jemaah, terutama bagi jemaah lanjut usia (lansia).

Pihaknya pun pihaknya tengah menyiapkan standardisasi pelayanan khusus jemaah lansia dan telah bertemu dengan Center of Aging Learning Studies (pusat studi tentang lansia)

Pesan ini disampaikan Hilman baik kepada seluruh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), baik PPIH Kloter, PPIH Non Kloter, maupun Petugas Haji Daerah (PHD).

Pesan disampaikan saat Hilman memberikan sambutan pada Sinkronisasi dan Rapat Teknis Admin Seleksi Calon Petugas Haji Daerah di Jakarta.

BACA JUGA:Polsek Pagar Alam Utara Ungkap Berita Hoaks Penculikan Anak

Menurut Hilman, pihaknya tengah menyiapkan standarisasi pelayanan khusus jemaah lansia. Hilman juga mengaku sudah bertemu dengan Center of Aging Learning Studies (pusat studi tentang lansia).

"Kami tengah menyusun sistem standardisasi pelayanan khusus jemaah lansia. Petugas haji harus bisa mempunyai sikap ramah lansia, kita akan adakan pelatihan, bertemu dengan Center of Aging Learning Studies (pusat studi tentang lansia)," kata dia dalam keterangannya, dikutip HaluanKalbar.com pada Jumat, 10 Februari 2023.

Jadi, lanjut dia, bisa dipastikan petugas yang nanti terpilih akan bisa mengetahui karakteristik lansia, termasuk jika mengalami gejala penyakit awal. 

Pada musim haji tahun 1444H/2023M ini, kata Hilman, ada kurang lebih 62ribu jemaah haji lansia yang harus difasilitasi dan dilayani dari aspek Ibadah maupun layanan lainnya.

BACA JUGA:Miliki Potenisi, Menparekraf Kunjungi Destinasi Wisata Budaya di Singkawang

“Berdasarkan data yang kami miliki bahwa tahun ini ada kurang lebih 62ribu jemaah lanjut usia (lansia) yang harus kita fasilitas dan kita layani dengan baik, baik dari segi aspek ibadahnya maupun dari aspek layanan lainnya. Oleh karena itu kami mempersiapkan berbagai hal terkait mitigasi layanan lansia dengan standar, aspek kesehatan maupun layanan umumnya,” terang Hilman.

Petugas haji tersebut, kata Hilman, nantinya akan diberikan wawasan khusus dalam menangani jemaah lansia ini. “Petugas itu nanti akan diberikan wawasan khusus penanganan jemaah lansia, karena tahún ini Kemenag punya program Haji Ramah Lansia,” terangnya.

“Petugas haji nantinya harus mempunyai semangat, antusiasme, tenaga, energik serta bisa berbicara dengan orang tua dengan menggunakan bahasa yang baik, memuliakan mereka," tambahnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Bina Haji Arsad Hidayat serta Kepala Sub Direktorat Bina Petugas Muhammad Khanif, 34 Kepala Biro Kesra Sektetaris Daerah, para Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi seluruh Indonesia. *

 kemenag.go.id

Kategori :